Lomba DTIK
Sekda Alit Wiradana Serahkan Hadiah Lomba DTIK Festival 2023 dan Buka Seminar Literasi Digital. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penyerahan Hadiah Lomba serangkaian DTIK Festival 2023 disertai acara seminar Literasi Digital dilaksanakan pada Rabu (1/3/2023) di Aula Sewaka Mahottama Gedung Sewaka Dharma Denpasar.

Hadiah lomba diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana. Hadir pula Kadis Kominfo & Statistik Kota Denpasar, I.B Alit Adhi Merta serta undangan lainnya.

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana menyambut baik pelaksanaan DTIK Festival 2023 dan seminar literasi digital ini.

“DTIK Festival 2023 telah berjalan dengan sangat baik sebagai ruang berkolaborasi dibidang teknologi informasi. Sementara Seminar Literasi Digital ini saya apresiasi karena tujuannya mengajak masyarakat terutama anak muda memahami etika dalam bermedia sosial,” ucap Alit Wiradana.

“Kita tahu dan sadari bersama, penyebaran arus informasi di era digital teramat pesat. Portal informasi yang terbuka luas melalui berbagai media. Hal ini menjadikan tantangan di ruang digital semakin besar. Konten-konten negatif terus bermunculan menimbulkan keresahan di masyarakat. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk meminimalkan dampak dari konten negatif serta perlu bagi kita juga untuk meningkatkan pemahaman (literasi digital) masyarakat. Tentu semua tidak akan terwujud jika hanya mengandalkan pemerintah saja, diperlukan juga dukungan kontribusi dari semua pihak,” lanjut Alit Wiradana.

Ditambahkannya, sinergitas demi tercapainya literasi digital bagi masyarakat Kota Denpasar serta pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital khususnya media sosial kepada masyarakat perlu ditingkatkan, demi mewujudkan interaksi dan komunikasi positf. Kami berharap seminar ini dapat mendorong keterampilan dan terciptanya berbagai inisiatif program literasi digital lainnya. Kami, atas nama Pemerintah Kota Denpasar, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada DTIK Festival 2023 dan seminar literasi digital untuk kemajuan dan meningkatkan pemahaman digital masyarakat Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Upacara Ngeratep, Melaspas lan Masupati Palawatan di Pura Dalem Sindhu

Sementara Kadis Kominfo & Statistik Kota Denpasar, I.B Alit Adhi Merta mengatakan, tema DTIK Festival 2023 ini adalah “Growth Digital, Creativity and Collaboration” dilaksanakan serangkaian memperingati HUT ke-235 Kota Denpasar diselenggarakan dari tanggal 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2023 di gedung Dharma Negara Alaya, Graha Sewaka Dharma dan Taman Kota Lumintang.

DTIK Festival 2023 memberi ruang bagi komunitas, start-up maupun perguruan tinggi yang bergerak di bidang teknologi untuk saling berkolaborasi menumbuh kembangkan kreativitasnya.

“DTIK Festival 2023 terdiri dari serangkaian kegiatan kolaboratif diantaranya pameran teknologi yang di ikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari komunitas, start-up digital, perguruan tinggi/kampus, pameran pelayanan digital yang diikuti oleh 10 Organisasi Perangkat Daerah Kota Denpasar, Lomba-lomba seperti lomba Rally Photo, lomba kimmda, lomba design twibbon, lomba esport berkolaborasi dengan ESI Denpasar. Sementara seminar literasi digital ini merupakan bagian dari 43 Workshop dan seminar dilaksanakan di 2 tempat yaitu kelas di ruang diskusi serta ruang audio visual Dharma Negara Alaya dan ruang Sewaka Kertaloka serta ruang Aula Mahotama GSD. Workshop dan Seminar ini sendiri dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan DTIK Festival 2023 juga berkolaborasi dengan Komunitas Foodtruck Bali. Kolaborasi juga dengan dinas Koperasi UMKM dengan menyelenggarakan pameran UMKM di areal Taman Kota Lumintang,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News