Sambut Tumpek Uye
Sambut Tumpek Uye, Kelurahan Sesetan Gelar Kerja Bakti dan Pelepasan Burung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka menyambut dan merayakan Tumpek Uye, Kelurahan Sesetan bersama Kepala Lingkungan se-Kelurahan Sesetan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan  Sesetan melaksanakan Kerja Bakti dan Pelepasan Burung di Tukad Pekaseh (depan SMPN 6 Denpasar) Kelurahan Sesetan, Jumat (24/3/2023).

Lurah Sesetan, Putu Wisnu Wardana mengatakan, kegiatan kerja bakti dan pelepasan burung ini juga sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Segara Kerthi sebagai Pelaksanan Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali berdasarkan Nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru.

Baca Juga :  9 Regu Lolos ke Semifinal Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno Tingkat Perguruan Tinggi

“Sesuai dengan surat edaran maka kami melaksanakan kegiatan secara sekala dan nisakala. Secara Sekala kami melaksanakan kegiatan kerja bakti dan pelepasan burung secara niskala besok pagi kami akan melaksanakan pesembahyang bersama di Kantor Lurah,” ucap Wisnu.

Lebih lanjut dikatakan, Tumpek Uye atau Tumpek Kandang dirayakan setiap enam bulan sekali (210 hari) atau sesuai dengan penanggalan kalender Bali yang jatuh pada setiap hari Sabtu Kliwon Wuku Uye. Makna dari upacara Tumpek Uye ini adalah sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada binatang atau hewan karena dapat membantu dalam kehidupan manusia. Selain itu, Tumpek Uye atau Tumpek Kandang tidak hanya ditujukan kepada binatang saja akan tetapi juga pada pembersihan terhadap Bhuana Agung dan Bhuana Alit (dalam konteks manusia dan alam)

Baca Juga :  Cegah dan Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem, Pemkot Denpasar Bagikan PMT Bagi Lansia dan Balita

Dengan dilaksanakan kegiatan ini masyarakat bisa memahami arti dan makna dari Tumpek Uye dalam memuliakan ciptaan Tuhan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News