Unud
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Magister Akuntansi FEB Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema ‘Pembelajaran Akuntansi dan Audit Sederhana Pengawas Koperasi/ASN’ di Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar, beralamat di Jl. Mulawarman No. 3 Denpasar pada Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dibuka dengan sambutan dari Koordinator Program Studi Magister Akuntansi, Ni Putu Sri Harta Mimba, S.E., Ak., M.Si., Ph.D., CA., CMA., dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar, Dr. Dewa Made Agung, S.E., M.Si., sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

“Kegiatan yang merupakan implementasi Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan melalui pembelajaran akuntansi dan audit sederhana kepada pengawas koperasi/aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan instansi Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar,”ucap Sri Harta.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang dipandu oleh L.G. Sridarmaningrum, S.E., yang merupakan mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi selaku Moderator, narasumber pertama pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah L.P Novyanti Ciptana Ika Putri, SE., M.Si., Ak., yang merupakan praktisi dan juga alumni dari Program Studi Magister Akuntansi FEB UNUD.

Baca Juga :  Jaya Negara-Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Suci Nyepi Caka 1946, Momentum Mulat Sarira dan Sinergi Lintas Sektor Menuju Denpasar Maju

Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi narasumber ke dua yakni Dr. Ni Ketut Rasmini, S.E., Ak., M.Si., CA., yang saat ini aktif sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Peserta pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pegawai di Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar, para dosen serta para mahasiswa perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi. Para peserta tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan sharing pengalaman dari peserta pada sesi diskusi.

Baca Juga :  Dukung Medical Tourism di Bali, PLN Percepat Penyalaan Listrik Pembagunan Baru RSU Bali Royal

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diteruskan dengan penyerahan kenang-kenangan dari Koordinator Program Studi Magister Akuntansi kepada Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar, diikuti dengan penyerahan sertifikat kepada Narasumber dan Moderator. Untuk kemudian dilanjutkan dengan kunjungan/site visit ke Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Dharma Siaga yang merupakan salah satu koperasi binaan dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar yang beralamat di Jl. Pura Demak No. 9, Denpasar.

Saat kunjungan/site visit, rombongan peserta pengabdian kepada masyarakat diterima oleh Kepala Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Dharma Siaga, Gede Suriadnyana dan Putu Yuli selaku Manager Koperasi.

Baca Juga :  Meriahnya Perayaan SMK Fest Bali, Meningkatkan Kreativitas Siswa dan Dukungan terhadap Pariwisata Lokal

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi pengalaman berkaitan dengan kiat dalam menjalankan koperasi yang baik serta kendala apa saja yang dihadapi dalam mengelola koperasi sehingga dapat menjadi masukan dan bahan kajian bagi operator birokrasi dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Denpasar dan akademisi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana) sehingga dapat mencarikan solusi atas kendala yang dihadapi koperasi selama ini serta menarik minat generasi muda untuk ikut mengembangkan koperasi menjadi lebih baik.

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Koordinator Program Studi Magister Akuntansi kepada Kepala Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Dharma Siaga. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News