Menanam Mangrove
Wujudkan Bumi Yang Lebih Hijau, PT Asahimas Chemical Kali ke-3 Galakkan Aksi Penanaman Mangrove Bersama Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, PANDEGLANG – PT Asahimas Chemical (ASC) melalui program peduli lingkungan bekerja sama dengan Yayasan Kehati kembali melakukan penanaman bibit mangrove baru di area kawasan Pantai Desa Ujung Jaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang pada Selasa (7/2/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Presiden Direktur & jajaran Manajemen PT Asahimas Chemical, Camat Kecamatan Sumur, Kepala Desa Ujung Jaya, kelompok masyarakat, mitra PT Asahimas Chemical, dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini merupakan penanaman ketiga dari program keberlanjutan ASC dibidang lingkungan yang sudah dilakukan sejak tahun 2022, sebagai komitmen dalam mengurangi emisi zat karbon guna mewujudkan bumi yang lebih hijau.

Selain itu, kegiatan ini adalah bentuk implementasi dari visi ASC yaitu “Chemistry for a Blue Planet”, dan upaya dalam mendukung program Mangrove Blue Carbon yang saat ini sedang berjalan di Provinsi Banten sebagai salah satu program pencegahan (mitigasi) bencana.

Baca Juga :  “The Grand Master Asia” Tayang Eksklusif Di SCTV Mulai Pekan Ini

Pemilihan Kecamatan Sumur, khususnya Desa Ujung Jaya sebagai lokasi penanaman didasari oleh potensi bencana yang mengintai kawasan tersebut, terutama bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan abrasi tanah oleh air laut.

Penanaman mangrove di kawasan tersebut juga merupakan usaha pelestarian & perlindungan terhadap Taman Nasional Ujung Kulon yang kawasannya berbatasan langsung dengan lokasi penanaman.

Eddy Sutanto, Wakil Presiden Direktur PT Asahimas Chemical menyampaikan, pada pelaksanaan kali ini, sebanyak 30.000 bibit mangrove baru ditanam di area seluas 5 hektar dari total rencana seluas 15 hektar di kawasan pantai Desa Ujung Jaya. Jika di jumlahkan dari kegiatan penanaman yang sudah dilakukan sebelumnya di lokasi yang berbeda, total sebanyak 50.000 bibit mangrove yang sudah ASC tanam.

“PT Asahimas Chemical berharap, program ini tidak hanya membantu dalam memperbaiki ekosistem lingkungan, namun juga dapat bermanfaat sebagai sumber daya baru bagi pengembangan masyarakat sekitar,” terang Eddy Sutanto

Pada kesempatan yang sama, sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi ekonomi masyarakat sekitar, PT Asahimas Chemical Juga melakukan kegiatan sosial lainnya berupa pemberian paket sembako kepada masyarakat kategori ekonomi lemah dan santunan bagi anak yatim di Balai Desa Ujung Jaya, Sumur, Pandeglang.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini