Fogging focus
Respon Cepat Temuan Kasus DBD di Kawasan Sekuta Sanur, Puskesmas II Denpasar Selatan Lakukan Fogging Focus. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menindak lanjuti laporan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kawasan Jalan Sekuta, Kelurahan Sanur Denpasar Selatan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Puskesmas II Denpasar Selatan melaksanakan giat fogging fokus di lokasi tersebut pada Kamis, 9 Februari 2023.

Kepala Puskesmas II Denpasar Selatan, dr. Ida Ayu Ketut Martini saat dihubungi mengatakan, giat fogging di lokasi ini dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas II Denpasar Selatan dibantu aparat lingkungan sekitar. Di Banjar Sekuta menindak lanjuti penderita DBD 1 orang.

Baca Juga :  Buka Gendo Law Office Open Karate Championship 2024, Pj. Gubernur Bali Harap Kejuaraan Tumbuhkan Karakter Karateka Sejati 

“Setelah itu tim jumantik melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) ke disekitarnya juga ditemukan penderita panas sebanyak 2 orang. Kemudian kami lanjutkan dengan pemeriksaan 45 rumah dengan hasil penemuan jentik ada di 9 rumah. Sehingga dilakukan fogging focus,” ujarnya.

Untuk mencegah penyebaran kasus dilakukan pemeriksaan jentik secara rutin setiap hari. Namun demikian, untuk fogging harus ada indikasi tertentu seperti ada penderita yang sudah didiagnosa sakit DBD.

“Sistem tracking dalam kasus DB dilakukan dengan pelacakan di area 200 meter dari penderita DBD. Hal ini untuk cek ada warga panas atau tidak. Setelah itu dilakukan pengecekan adanya jentik di area sekitarnya,” tambahnya.

dr. Ida Ayu Ketut Martini berharap agar masyarakat lebih waspada dan secara aktif melakukan 3M plus sebagai cara pencegahan awal dari penyakit DBD.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Peserta Program Mudik Gratis Ikawangi

“Lebih intensif menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dengan melakukan gotong-royong menghilangkan tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk berkembang biak seperti timbunan sampah plastik, pohon-pohon yang terlalu rimbun dan genangan air sebagai tempat nyamuk berkembang biak,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News