HUT Kota Denpasar
Wawali Kadek Agus Arya : Spirit Vasudhaiva Kutumbhakam Untuk Bangkit Bersama. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pasca Pandemi Covid-19 perekonomian Bali dan Kota Denpasar beranjak pulih.

“Untuk mempercepat pemulihan dan pertumbuhan perekomonian serta tatanan kehidupan masyarakat Pemeritah Kota Depasar menjadikan spirit vasudhaiva kutumbhakam, semangat gotong royong sebagai semangat bergerak dan membangun bersama antara Pemerintah dan masyarakat serta semua stake holder,” jelas Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya, SE., M.Si., saat podcast di Radio Pemerintah Kota Denpasar 92.6 FM serangkaian Pembukaan DTIK Festival 2023 di Gedung Dharma Negara Alaya, Senin (27/2/2023).

Dalam podcast bersama media nasional terkemuka, Wawali Kadek Agus Arya memaparkan pencapaian dan program prioritas Pemerintah Kota Denpasar.

“Pasca pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Denpasar tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik terbaik kepada warga Kota Denpasar,” uajr Wawali Kadek Agus Arya.

Ditambahkannya, di tengah berbagai keterbatasan Pemerintah Kota Denpasar tetap berupaya melaksanakan pembangunan sarana prasarana yang memang menjadi prioritas bagi masyarakat.

“Pemerintah membangun kolaborasi dan sinergitas, sehingga Pemerintah Kota Denpasar bersama masyarakat dapat terus tumbuh dan berdaya saing,” jelas Wawali Kadek Agus Arya.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Dijelaskannya Pemerintah Kota Denpasar tetap dapat melaksanakan pembangunan seperti membangun SMPN 14 dan SMPN 15, menata kawasan kumuh, membangun rumah layak huni bagi warga kurang mampu, menata kawasan pariwisata Sanur dan sekitarnya termasuk kawasan Serangan, penataan kawasan Pasar Badung dan kawasan heritage Gajah Mada serta membangun 3 TPST dan 12 TPS3R untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Denpasar.

“Termasuk percepatan pelaksanaan vaksinasi agar semakin banyak warga yang terlindungi dari Covid-19,” jelasnya lagi. Termasuk beberapa .embangunan fisik yang merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Bali.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar Dr. I.B. Alit Adhi Mertha S.STP, M.Si menyatakan bahwa DTIK Fest yang merupakan ikon perkembangan transformasi digital Kota Denpasar ini dibuka Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, SE. Pembukaan ditandai Pagelaran Tari Legong Maha Widya yang disajikan para penari disabilitas dengan iringan gamelan elektronik. DTIK Fest 2023 yang bertajuk Growth Digital Creativity and Collaboration digelar 27 Peb – 1 Maret di Gedung DNA, Graha Sewaka Dharma dan Taman Kota Lumintang.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP), I Ketut Agus Indra Diatmika, S.Kom., menyatakan bahwa dalam DTIK Fest 2023 beragam kegiatan digelar, diantaranya pameran inovasi digital layanan perangkat daerah di Graha Sewaka Dharma (GSD) dan pameran inovasi startup/kampus di area Pameran Dharma Negara Alaya (DNA), penayangan film dari komunitas film di Ruang Audio Visual, seminar dan workshop di DNA dan GSD serta aneka lomba seperti lomba rally foto, lomba video kreatif, lomba games dan beragam lomba lainnya.

DTIK Fest 2023 juga dimeriahkan dengan kehadiran Pameran UMKM gelaran Dinas Koperasi dan UMKM di Lapangan Taman Kota Lumintang. Pameran UMKM yang merupakan kolaborasi beberapa OPD terkait di Kota Denpasar menghadirkan tak kurang 70 UMKM beragam jenis. Sementara 23 anggota komunitas kuliner Food Truck siap memanjakan para pengunjung DTIK Fest 2023 di area Jalan Majapahit dengan beragam menu-menu yang menggugah selera.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Kabid Agus Indra menambahkan bahwa informasi jadwal dan informasi detail kegiatan DTIK Fest 2023dapat diaksesk melalui www.dtikfest.id atau Instagram @kominfosdenpasar. Bagi masyarakat, para siswa hingga mahasiswa yang tertarik untuk ikut workshop dan seminar dalam berbagai tema dapat mendaftar melalui link tersebut.

“Tema-tema dibuat menarik dan aktual dengan menghadirkan pembicara yang merupakan pakar dan ekspert dalam bidangnya,” tambah Agus Indra lagi.

Pihaknya berharap masyarakat dari tingkat pelajar SD hingga mahasiswa dan kalangan remaja-karang taruna hingga ibu-ibu PKK dan rumah tangga dapat memanfaatkan moment DTIK Fest untuk menambah pengetahuan dan skill tentang perkembangan dunia digital.  Yang juga tak kalah menarik adalah kehadiran artis ternama seperti Nanoe Biroe dan Seniman MKP yang akan memeriahkan Pameran UMKM dalam DTIK Fest ini.

“Kami juga mempublikasikan informasi DTIK Fest melalui semua media yang ada, baik media sosial, media online, media luar ruang, Radio Pemkot dan media lainnya,” ujar Agus Indra lagi. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News