Calon Mahasiswa
Berbagi Kiat-Kiat Menarik Minat Calon Mahasiswa Fresh Graduate. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) menerima kunjungan dari Pascasarjana Universitas Palangkaraya (UPR) untuk melakukan diskusi dan studi banding. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (21/2/2023) bertempat di Ruang 3.10 Lantai III Gedung Pascasarjana Unud dan dihadiri oleh Direktur dan Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Unud beserta Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M), Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS), Koordinator Tata Usaha dan para Tenaga Pendidik Pascasarjana Unud, dihadiri pula oleh Direktur Pascasarjana UPR dan beberapa Ketua Program Studi di Pascasarjana UPR.

“Terima kasih sudah menerima kami dari Palangkaraya, rasanya seperti pulang kampung, kebetulan saya juga alumni Unud angkatan tahun 1980,” ungkap Prof. Dr. I Nyoman Sudyana, M.Sc, Direktur Pascasarjana UPR. Pascasarjana UPR memiliki beberapa permasalahan terkait pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, antara lain mengenai akreditasi program studi, beasiswa, tim penguji, tentang bagaimana cara menarik minat calon mahasiswa, dan lain-lain.

Baca Juga :  Fokus Pada Keamanan Wilayah, Banjar Tegalkuwalon Gelar Pendataan Duktang

“Universitas Udayana melalui Wakil Rektor serta para Wakil Dekan dan Wakil Direktur Bidang Akademik sedang merancang Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai fast track program, yakni program dimana mahasiswa lulusan Sarjana di Unud bisa langsung meneruskan ke Program Studi Magister, mungkin itu salah satu program kedepan kami untuk menarik minat calon mahasiswa fresh graduate,” papar Prof. Ir. Linawati, M.Eng.SC., Ph.D., Direktur Pascasarjana Unud.

Selain program fast track yang sedang dirancang SOP nya, Pascasarjana Unud juga sedang mempersiapkan pembukaan anytime registration, dimana calon mahasiswa bisa mendaftar kapan saja tanpa terbatas waktu dan juga pelaksanaan tes masuk secara full online untuk memudahkan calon mahasiswa yang akan mendaftar di Pascasarjana Unud mengingat sebagian besar calon mahasiswa adalah pekerja yang waktunya kurang fleksibel jika harus bolak-balik ke kampus.

Baca Juga :  Honda Community Bikers Soleh Saling Berbagi Kebaikan Bersama HCB

Kunjungan kali ini juga diharapkan menjadi awal silaturahmi untuk bisa saling bekerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Semoga ini bisa menjadi awal silaturahmi antara Pascasarjana UPR dengan Unud, mungkin kedepannya kita bisa bekerjasama dalam penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), pertukaran penguji luar, pengabdian masyarakat, maupun penelitian-penelitian mengingat sudah ada kesamaan minat prodi yaitu Program Studi Ilmu Lingkungan baik Magister maupun Doktor, yang semakin meningkatkan peluang kerjasama tersebut”, tambah Prof. Dr. I Wayan Budiasa, SP., MP., Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Unud. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News