unud
Unud Sosialisasikan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) melalui Biro Kemahasiswaan selenggarakan Sosialisasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2023 bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran pada Selasa (14/2/2023).

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Drs. I Wayan Santiasa Ketua Pusat Prestasi dan Kreativitas Mahasiswa Unud.

Dalam kesempatan ini Drs. I Wayan Satiasa menyampaikan, mahasiswa sebagai pengurus ormawa di lingkungan Unud harus mengetahui bagaimana fungsi dan tugas ormawa. Ormawa itu mempunyai tugas yang luar biasa diantaranya bisa untuk menggali potensi diri mahasiswa dari masing-masing bidang yang ada di ormawa itu sendiri baik yang di BEM, DPM, UKM, BSO maupun yang lainnya.

Setelah menggali potensi diri mahasiswa bisa mengabdikan apa potensi yang dimiliki di masyarakat untuk mampu membangun, memberdayakan masyarakat di desa yang nantinya secara futuristik akan mampu mewujudkan pembangunan bangsa kita.

Baca Juga :  Tindak Lanjuti Perda Pungutan Wisatawan Asing, Dinas Pariwisata Bali Lakukan Pemantauan di DTW Uluwatu

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan nantinya mahasiswa dapat membuat dan menyusun proposal yang akan ditawarkan dimana di dalam proposal tersebut utamannya adalah bagaimana mahasisiswa memaparkan nantinya potensi di masing-masing ormawa, potensi di masing-masing desa serta menghubungkan dan mencocokkan antara potensi ormawa dengan potensi desa sehingga nanti muaranya adalah untuk pemberdayaan masyarakat, membangun desa yang pada akhirnya untuk kesejahteraan bangsa.

“Dengan demikian nantinya akan ada istilah desa binaan, jadi PPK ormawa adalah  bagaimana mahasiswa memberikan motivasi kepada masyarakat yang ada di desa sehingga masyarakat bisa berpikiran maju, bisa mandiri, dan tidak ketergantungan, inilah tujuan utamannya,” ujar Santiasa. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News