upt perpustakaan unud
UPT Perpustakaan Universitas Udayana Bekerja Sama dengan Badan Standardisasi Nasional Gelar Seminar Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – UPT Perpustakaan Universitas Udayana (Unud) bekerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan “Seminar Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian” bertempat di Aula Gedung Perpustakaan Unud Kampus Jimbaran, Selasa (14/2/2023).

Seminar diikuti oleh Kepala dan Sekretaris UPT Perpustakaan, para pustakawan, petugas perpustakaan dan duta baca Universitas Udayana dengan narasumber dari Tim Perpustakaan dan Tim Pengaduan Masyarakat BSN.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala UPT Perpustakaan mewakili Wakil Rektor Bidang Akademik Unud. Kepala UPT Perpustakaan Dr. Ida Ayu Laksmita Sari dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu perwujudan dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani antara Badan Standardisasi Nasional dan Universitas Udayana sebelumnya.

Acara ini diadakan dengan tujuan memanfaatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Udayana dalam pembinaan dan pengembangan di bidang standardisasi dan penilaian guna mendukung Tridarma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

“Pustakawan, petugas perpustakaan, dan duta baca adalah jembatan informasi dalam hal standardisasi Nasional, mari kita bersinergi dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi serta percepatan pelaksanaan program pembangunan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini peserta diharapkan berdiskusi secara aktif dengan narasumber terkait bagaimana Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam dunia Pendidikan dan bisnis serta bagaimana cara memanfaatkan SNI Corner, dapat menjadi jembatan informasi untuk civitas akademika yang ingin mengetahui mengenai Badan Standardisasi Nasional, khususnya SNI corner yang telah ada di universitas Udayana.

Baca Juga :  Sound System SD Negeri 5 Sibetan Raib Digondol Maling

Koordinator Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan Biro Humas, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN, Minanuddin menyampaikan kita harus lebih peduli pada standardisasi nasional, sekarang kebutuhan dunia kerja terhadap standar sangat tinggi. Mungkin nantinya kegiatan literasi yang lebih spesifik bisa dilakukan di tingkat fakultas dan BSN bisa memfasilitasi dari segi narasumber. Pihaknya juga harapkan ada komunikasi yang lebih intensif terkait keberadaan SNI Corner di Unud sehingga bisa lebih bermanfaat bagi civitas akademika.

Adapun materi yang disampaikan dalam seminar yakni Perpustakaan BSN dan Sumber Referensi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian oleh Firmansyah dan Tutorial SNI Corner oleh Aldi Kusuma dan Seto Kuncoro, dengan moderator Dwi Hery Susanto. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News