Angkasa Pura
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Angkasa Pura I pada peringatan HUT ke-59 Angkasa Pura I. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Angkasa Pura I memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) perusahaan yang ke-59 pada Senin (20/2/2023). Mengambil tema ‘Transform to Elevate’, Angkasa Pura I menjadikan momentum ini untuk mendorong inisiatif strategis perusahaan untuk mengakselerasi pertumbuhan performa perusahaan. Pada tahun ini, Angkasa Pura I menargetkan 68 juta pergerakan penumpang di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

HUT ke-59 perusahaan dilaksanakan di Kantor Pusat Angkasa Pura I Jakarta, Senin (20/2/2023), yang dihadiri jajaran komisaris, direksi, dan seluruh insan Angkasa Pura I. Berbagai aktivitas dilakukan untuk memeriahkan HUT ke-59 perusahaan, beberapa di antaranya adalah pemberian penghargaan kepada pensiunan Angkasa Pura I, peduli terhadap difabel, serta mengundang UMKM kuliner di sekitar wilayah Kantor Pusat untuk bersama-sama mensyukuri dan memberikan semangat serta optimisme baru.

“59 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk sebuah perusahaan dapat berdiri dan bertahan merasakan suka dan duka dalam melayani dan mengemban amanah untuk mengawal konektivitas udara serta berupaya yang terbaik untuk melayani negeri,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi pada sambutan HUT ke-59 Angkasa Pura I di Jakarta.

Faik Fahmi pun melanjutkan, pada tahun ini, pihaknya fokus merealisasikan dan menerapkan Transformasi Perusahaan dengan mengusung tiga pilar utama, yaitu business turnaround, organization and culture, dan financial restructuring, serta 1 pilar sebagai key enabler yaitu digitalisasi.

Baca Juga :  ITDP Bersama Kementerian Perhubungan dan ViriyaENB Luncurkan Studi Peta Jalan dan Program Insentif Nasional Elektrifikasi Transportasi Publik Perkotaan Berbasis Jalan

“Dengan fokus merealisasikan dan menerapkan transformasi perusahaan secara menyeluruh, kami berharap akan dapat mewujudkan roadmap jangka Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) serta dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan bisnis ke depan yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Faik Fahmi juga menyoroti kinerja perusahaan pada 2022 yang meningkat. Trafik penerbangan Angkasa Pura I pada tahun lalu tercatat sebesar 52,3 juta penumpang di 15 bandara, atau tumbuh signifikan sebesar 85,3% dibandingkan 2021. Pencapaian kinerja 2022 juga dilengkapi dengan perolehan penghargaan baik nasional maupun internasional, di antaranya adalah 18 penghargaan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airport Council International (ACI) kepada 8 bandara. Pencapaian ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah Angkasa Pura I.

Baca Juga :  Jelang PKB XLVI, 151 IKM Hasil Kurasi Dekranasda Ditetapkan

Melalui momentum usia perusahaan yang baru, Angkasa Pura I menyongsong 2023 sebagai tahun yang penuh peluang sekaligus tantangan. Momentum pertumbuhan industri aviasi yang terjadi pada 2022 akan diteruskan di tahun ini, serta diiringi dengan peningkatan kinerja operasional dan keuangan perusahaan. Tujuan peningkatan performa perusahaan ini tercermin melalui kata ‘elevate’ yang tercantum dalam tagline ‘Transform to Elevate’ yang menjadi tema HUT ke-59 perusahaan.

“Transformasi perusahaan yang sedang kami laksanakan ini menjadi sangat penting, karena diharapkan akan menjadi percepatan bagi Angkasa Pura I untuk pulih dan take off kembali di tahun 2023. Tiga tahun pandemi Covid-19 telah berdampak sangat luat biasa. Namun, saat kita tidak mampu lagi untuk mengubah situasi, kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri. Perubahan diri menjadi salah satu aksi untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di sekeliling kita untuk tetap bisa survive,” jelasnya.

Baca Juga :  Keterbatasan Fiskal, Pj Gubernur Mahendra Jaya Paparkan Pola Pemprov Tangani Kemiskinan di Bali

Menurut Faik, dukungan dari seluruh insan Angkasa Pura I menjadi hal utama dalam keberhasilan dari setiap transformasi. Untuk itu, melalui momentum HUT ke-59 Angkasa Pura I, Faik mengajak seluruh insan Angkasa Pura I untuk terus bersemangat, pantang menyerah, dan bersama-sama memberikan karya dan inovasi demi perusahaan yang lebih baik ke depannya.

“Semoga kita semua terus meningkatkan kualitas diri, memperkuat kompetensi dan integritas, serta serta selalu melakukan upaya terbaik untuk diri sendiri dan perusahaan. Let’s transform to elevate!,” tutup Faik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News