DTIK Fest
Pemkot Denpasar Luncurkan Aplikasi DPS, Tandai Pembukaan Gelaran DTIK Festival 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peluncuran aplikasi Denpasar Prama Sewaka (DPS), pada Senin (27/2/2023) menjadi salah satu agenda pada rangkaian pembukaan Denpasar Teknologi Informasi Komunikasi (DTIK) Festival 2023. Aplikasi DPS ini sendiri digagas Pemerintah Kota Denpasar untuk mengintegrasikan seluruh layanan dan informasi di Kota Denpasar, seperti informasi Pariwisata, informasi Kegawatdaruratan serta Layanan Publik Praktis yang dikemas dalam Satu Genggaman.

Sebagai sebuah produk inovasi, aplikasi DPS menyediakan informasi guna membantu wisatawan menemukan destinasi terbaik di Kota Denpasar, seperti Desa Wisata, Wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Kuliner, Wisata Religi dan Wisata Sejarah.

Selain itu, pada aplikasi DPS juga tersedia layanan nomor kegawatdarutan, serta pelayanan Rakyat Online Denpasar, Pro Denpasar yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan informasi lebih cepat dan efisien. Layanan yang dimaksud adalah Layanan Pengaduan, Dukcapil, Lowongan Pekerjaan, Perijinan, Satu Data, Harga Pasar dan juga Tagihan PDAM.

Selain momen peluncuran aplikasi DPS, perhelatan DTIK Festival tahun ini menjadi spesial, lantaran digelar bertepatan dengan puncak perayaan HUT ke 235 Kota Denpasar. Festival teknologi ini sendiri mengusung tema “Growth Digital Creativity and Collaboration”.

Diadakan di kawasan Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, seremonial pembukaan DTIK Fest 2023 ini dihadiri langsung Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara yang didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Gusti Ngurah Gede, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana serta jajaran Forkompimda Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasar Jaya Negara, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebagai sebuah even teknologi untuk memunculkan dan mengembangkan ide-ide kreatif di bidang teknologi, informasi dan komunikasi.

Baca Juga :  Hadirkan Kapal Megah di Atas Klinik, OMDC Resmikan Kidz Dental di Bali

“Saya sangat berterimakasih atas penyelenggaraan festival teknologi ini sebagai wadah untuk melahirkan generasi muda yang sukses dan mumpuni pada bidang teknologi, informasi dan komunikasi. Melalui ajang DTIK Festival ini saya berharap akan ada ruang bagi pegiat teknologi, dalam mengenalkan produk dan layanan teknologi yang dimiliki,” katanya.

Pengenalan pemanfaatan teknologi oleh Pemkot Denpasar dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan juga media menumbuhkan kreativitas dan kolaborasi
antar stakeholder di bidang teknologi, lanjut Jaya Negara juga menjadi poin penting dalam pelaksanaan DTIK Festival tahun ini.

“Setelah terhenti 2 tahun, pelaksanaan DTIK Festival tahun 2023 ini saya yakin akan membawa warna dan semangat baru bagi dunia teknologi. Salah satunya seperti peluncuran aplikasi DPS, sebagai sebuah produk teknologi di Kota Denpasar, ” imbuh Jaya Negara.

Baca Juga :  298 Ribu Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan Tepat Waktu di Kanwil DJP Bali

Sementara itu, Kepala Diskominfos Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Adhi Merta mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan DTIK Festival 2023 ini berdasarkan pada spirit Kota Denpasar, Vasudhaiva Kutumbhakam yang dituangkan dalam kolaborasi antar OPD Pemkot Denpasar, mahasiswa, instansi sekolah dan Perguruan Tinggi, serta komunitas Start-Up.

“Dalam rangkaian HUT ke 235 Kota Denpasar, dengan berdasar spirit Vasudhaiva Kutumbhakam, bergotong royong dan menyama braya, dalam kaitannya dengan DTIK Festival 2023 ini kami menggandeng berbagai elemen untuk berkolaborasi dalam upaya memajukan teknologi di Kota Denpasar,” tutur Alit Adhi Merta.

Ketua Panita Pelaksana DTIK Festival 2023, I Ketut Agus Indra Diatmika menjelaskan, pelaksanaan DTIK Festival 2023 ini akan digelar dari tanggal 27 Februari hingga 1 Maret mendatang, dengan beberapa jenis kegiatan lomba di dalamnya. Seperti Lomba Video Kreatif, Lomba Desain Logo DTIK 2024, Lomba Foto Twibbon dan lainnya.

“Pelaksanaan DTIK Festival 2023 ini, kami menggelar salah satunya dalam bentuk lomba untuk menggugah kreatifitas masyarakat, terutama generasi milenial yang saat ini sangat melek dengan perkembangan teknologi,” jelasnya.

Selain aneka lomba, Agus Indra menambahkan, pelaksanaan DTIK Festival 2023 ini juga dikemas dalam beberapa ragam kegiatan bertemakan teknologi. Seperti seminar literasi bagi Guru TIK, seminar digitalisasi Ogoh Ogoh , workshop koding bagi siswa SD dan SMP dan juga seminar utama yang mengambil tema penumbuhan ekosistem kreatifitas dan kolaborasi teknologi bagi masyarakat dan komunitas.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali Terjaga dan Tumbuh Positif

“Untuk jadwal, informasi detail kegiatan, serta pendaftaran workshop pada DTIK Fest 2023, warga Kota Denpasar bisa memantau informasi melalui www.dtikfest.id atau Instagram @kominfosdenpasar. Kami menghadirkan tema-tema menarik dan aktual, dengan menghadirkan pembicara yang merupakan pakar dan ekspert dalam bidangnya,” tambah Agus Indra lagi.

Pihak penyelenggara imbuh Agus Indra, berharap masyarakat dari tingkat pelajar SD hingga mahasiswa dan kalangan remaja-karang taruna hingga ibu-ibu PKK dan rumah tangga dapat memanfaatkan moment DTIK Fest untuk menambah pengetahuan dan skill tentang perkembangan dunia digital.

Gelaran DTIK Festival 2023 ini, juga diisi pameran/expo produk dan layanan teknologi, dimana terbagi menjadi 2 (dua) bagian. Bagian pertama adalah pameran yang menampilkan karya masyarakat, komunitas, startup, mahasiswa dibidang teknologi. Sedangkan bagian kedua, adalah pameran yang menampilkan layanan online yang merupakan produk Pemkot Denpasar. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menikmati ragam kuliner di area Food Truck dan juga hiburan musik di seputar lokasi kegiatan. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News