Unud
Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bentuk Double Degree ke Nanchang University. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, RRT – Dalam rangka meningkatkan kolaborasi internasional dalam bidang pariwisata, Senin (27/2/2023), Delegasi Universitas Udayana mengunjungi School of Tourism Nanchang University dan diterima oleh Head of School of Tourism, Secretary of the Party, Deputy Head, dan jajaran pimpinan School of Tourism Nanchang University.

Hadir pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Pariwisata, Koordinator Kantor Urusan Internasional, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Pariwisata, dan anggota delegasi lainnya. Turut pula hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Informasi, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., yang juga mengikuti sesi pemaparan dan diskusi dan menjadi saksi penandatangan Memorandum of Agreement (MOA) antara Universitas Udayana dengan Nanchang University.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan bersahabat tersebut, rencana kerjasama masa depan antara Universitas Udayana dan Nanchang University dibicarakan secara mendalam. Agenda Joint-Collaboration on Tourism International Conference, pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi penelitian adalah beberapa rencana yang dibicarakan dalam rapat.

Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par., dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan oleh School of Tourism Nanchang University selama bekerjasama dengan Fakultas Pariwisata dalam bidang akademik, budaya, dan pariwisata. Bali sebagai pulau wisata memiliki banyak persamaan dengan China dan berbagai akulturasi budaya Tiongkok dapat ditemui di Bali.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Dukung Penguatan Proses Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja Di SMK Negeri 2 Negara

“Contohnya penggunaan uang koin dalam pelaksanaan upacara keagamaan di Bali. Sebelum pandemi, wisatawan dari RRT mendominasi di Bali dan kini mulai meningkat lagi jumlah kedatangannya di Bali,” ungkap Dekan.

Dari segi akademik, School of Tourism dan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana telah berkerjasama begitu lama dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya. Fakultas Pariwisata Unud memiliki program short course dan saat ini terdapat 75 mahasiswa Internasional dari berbagai negara study di Fakultas Pariwisata Unud dan Fakultas Pariwisata telah siap menerima kembali mahasiswa dari Tiongkok.

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

Dekan Suardana juga menyampaikan pada kesempatan ini kita juga akan meningkatkan kerjasama melalui Memorandum of Agreement (MoA) 2+2 International Joint and Dual Degree Program untuk program sarjana, dimana program tersebut akan sangat bermanfaat bagi Fakultas Pariwisata Unud dan School of Tourism Nanchang University. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Pariwisata juga memaparkan terkait keberadaan dan perkembangan Fakultas Pariwisata serta program study dan kerjasama yang dimiliki oleh Fakultas Pariwisata Unud.

Head of School of Tourism menyambut baik kedatangan delegasi Universitas Udayana. Di tahun 2023, School of Tourism Nanchang University akan merayakan 30 tahun pendiriannya  dan tahun kelima kerjasama dengan Universitas Udayana. Selama lima tahun kerjasama dengan Universitas Udayana, ada banyak mahasiswa School of Tourism yang mengikuti program short course di Universitas Udayana dan begitu pula sebaliknya.

Baca Juga :  NKA Tahun 2023, Undiksha Sabet Dua Penghargaan Terbaik dari Kemdikbudristek

Selain itu dilakukan pula pertukaran mahasiswa dan dosen, serta penelitian bersama. Bali sebagai island of paradise, sangat kaya akan sumber daya pariwisata, hotel yang sangat bagus serta MICE dan hospitality industry yang sangat baik.

Hal tersebut bersama adat dan budayanya telah menarik perhatian turis dari berbagai negara untuk berlibur ke Bali. Merupakan kesempatan yang baik dapat bekerjasama dengan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, selain karena Pulau Bali itu sendiri, tetapi juga karena Fakultas Pariwisata memiliki tenaga pengajar yang unggul dan materi ajar yang berkualitas.

Hari ini akan ditandatangani 2+2 International Joint and Dual Degree Program untuk program sarjana dan ini merupakan kesempatan yang baik untuk perkembangan kedua belah pihak di masa yang akan datang. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News