fkp unud
FKP Udayana jalin Kerja sama dengan Yayasan Biodiversitas Pesisir dan Laut serta PT Mutiara Sakti Lestari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dewasa ini, kurikulum pada pendidikan tinggi yang dinamakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk mengambil ilmu di luar kampus dalam berbagai skema yang sudah ditentukan oleh kementerian seperti, pertukaran pelajar, magang industri bersertifikat, membangun desa, kampus mengajar, dan riset.

Menjawab tantangan tersebut, maka universitas dalam hal ini dituntut untuk membangun jejaring kerjasama yang luas dengan mitra terkait demi memberikan peluang terhadap tercapainya program MBKM tersebut.

Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universtas Udayana, melalui Program Studi (PS) Ilmu Kelautan (IKL), pada Selasa (21/2/2023), bertempat di Ruang Rapat Dekan, lt 2, Gedung FKP Unud menerima kunjungan dari Yayasan Biodiversitas Pesisir dan Laut (YBPL) dan PT. Mutiara Sakti Lestari untuk tujuan inisiasi kerjasama dengan FKP. PS IKL diwakili oleh Koordinator Program Studi IKL (Dr. Dwi Budi Wiyanto, S.Kel., MP) serta Dosen IKL (Putu Satya Pratama Atmaja, S.Kel., M.Si) yang juga mewakili Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS) FKP.

Dalam pertemuan tersebut, kedua mitra sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian, terutama memberikan kesempatan magang kepada mahasiswa FKP yang memiliki minat pada pelestarian terumbu karang (YBPL) dan budidaya lobster (PT. Mutiara Sakti Lestari).

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Puncak Karya Angasti Puja Atma Wedana Griya Gede Telaga Tegal

Selain itu, kedua mitra juga berharap pada implementasi bidang penelitian, terutama riset terkait yang mampu mengangkat isu-isu terkini di bidang terumbu karang dan pembesaran lobster, baik untuk dosen dan juga mahasiswa FKP. Kedua mitra tersebut nantinya akan dilibatkan langsung di kampus dalam praktisi mengajar dan pengembangan kurikulum yang terus harus diperbaharui sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan kelautan dan perikanan.

Tentunya dengan peluang ini, diharapkan mampu memperluas peluang mahasiswa untuk mengambil ilmu di luar kampus dalam skema MBKM, memperbanyak peluang riset, serta memberikan kesempatan praktisi untuk mengajar di dalam kampus yang terhubung langsung dengan peningkatan IKU 2, IKU 4, IKU 5, dan IKU 6. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News