Vaksinasi PMK
Kelurahan Kesiman Gerak Cepat Laksanakan Vaksinasi PMK untuk Hewan Ternak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNWS.COM, DENPASAR – Upaya preventif dilakukan Pemerintah Kota Denpasar dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Salah satunya adalah dilaksanakan kegiatan vaksinasi PMK untuk hewan ternak sapi pada Senin (13/2/2023) di Kelurahan Kesiman.

Lurah Kesiman, Nyoman Nuada mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi PMK kali ini ada total terdapat 22 ekor sapi milik warga yang divaksinasi.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Denpasar yang membantu memfasilitasi pengadaan dan pemberian vaksin langsung kepada hewan ternak sapi milik warga di wilayah Kelurahan Kesiman.

 “Kegiatan vaksinasi kali ini merupakan tahap ketiga, dimana sebelumnya sudah dilaksanakan vaksinasi tahap 1 dan 2 oleh Dinas Pertanian Kota Denpasar,” tambahnya.

Baca Juga :  Ketua AMSI Bali: Hoaks Menurunkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat pada Pemberitaan Media

Selain menyasar hewan ternak sapi, vaksinasi PMK di Kelurahan Kesiman juga telah dilakukan untuk hewan kambing dan babi. Sehingga potensi penularan virus PMK dapat benar-benar diminimalisir.

“Kami berharap dengan adanya vaksinasi ini, tidak terjadi penularan virus PMK pada hewan ternak, sehingga bisa menghasilkan hewan-hewan ternak yang sehat dan berdampak positif secara ekonomi untuk masyarakat khususnya para peternak,” ungkap Nyoman Nuada.

Selain melalui vaksinasi, dilaksanakan berbagai upaya lainnya untuk mencegah penularan virus PMK, seperti bersinergi dengan masing-masing Kepala Lingkungan memberikan edukasi kepada warga untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang, rutin membersihkan kandang serta melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang hewan ternak.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News