GERTAK PSN
Cegah DBD, Desa Sumerta Kelod Gelar GERTAK PSN. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap peningkatanan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Desa Sumerta Kelod bersama Jumantik dibantu Mahasiswa KKN Uneversitas Warmadewa melaksanakan Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Banjar Sungiang Sari, Senin (13/2/2023).

Perbekel Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana mengatakan, kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di wilayah  Banjar Sungiang Sari karena ada 2 kasus menderita DBD.

“Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) maka kami laksanakan kegiatan ini,” ucap Anom Suardana.

Dalam giat ini pihaknya menurunkan para jumantik yang dikoordinir oleh koordinator jumantik. Dalam kegiatan ini pihaknya juga menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, terkait sampah yang dihasilkan agar memanfaat bank sampah di banjar setempat.

Baca Juga :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya Hingga Pembagian Doorprize

Dengan cara itu, lingkungan masyarakat akan bersih dari sampah. Lingkungan bersih dan terbebas dari sarang dan jentik nyamuk. Mengingat dari hasil pemantauan ditemukan jentik nyamuk sehingga dalam kegiatan ini langsung ditindak lanjuti dengan penaburan bubuk abate.

Melalui kegiatan ini, Anom Suardana mengaharapkan, warga bisa tingkatkan kewaspadaan terhadap DBD, dengan melakukan tabur abate yang bertujuan memusnahkan jentik nyamuk.

“Kegiatan juga diisi dengan melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat sekitar,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News