Dies Natalis FH UGM
Fakultas Hukum UGM Gelar Upacara Dies Natalis Ke-77. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Fakultas Hukum UGM menyelenggarakan acara puncak peringatan Dies Natalis ke-77, Jumat (17/2/2023). Puncak peringatan Dies Natalis diisi dengan Rapat Terbuka Senat Fakultas antara lain penyampaian Laporan Tahunan Dekan Fakultas Hukum UGM tahun 2022 dan Orasi Ilmiah.

Dekan FH UGM, Dahliana Hasan, S.H., M.Tax., Ph.D., saat menyampaikan laporan, Dekan FH UGM memaparkan beberapa pencapaian yang diraih FH UGM dalam satu tahun terakhir. Salah satu pencapaian yang diperoleh adalah prodi Ilmu Hukum dan prodi Magister Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi internasional dari Foundation for Intrenational Business Administration Accreditation (FIBAA) pada tahun 2022. Kedua prodi tersebut memperoleh akreditasi FIBAA yang berlaku hingga 29 November 2027.

Baca Juga :  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan AHM Tanam Puluhan Ribu Mangrove

“Pencapaian ini menjadi penting dalam rangka peningkatan berkelanjutan kualitas pendidikan di FH UGM,” tuturnya.

Ia menambahkan Unit Jaminan Mutu, Kurikulum, dan Inovasi Akademik FH bersama dengan prodi Magister Hukum Kesehatan yang juga tengah dalam proses menyiapkan reakreditasi BAN PT yang akan diajukan pada 2023.

Sementara di bidang pendidikan, FH UGM memfasilitasi mahasiswa yang berminat mengikuti MBKM sejak tahun 2021. Sementara di tahun 2022, ada 24 mahasiswa yang mengikuti program magang/praktik kerja, 14 mahasiswa mengikuti IISMA, dan 1 mahasiswa mengikuti pertukaran pelajar. Lalu di tahun 2022 FH juga mengembangkan SOP layanan akademik dan kemahasiswaan, serta kerja sama berbasis digital untuk mendukung tercapainya layanan yang efektif, efisien, dan transparan.

Pada bidang penelitian dan publikasi, FH UGM selama tahun 2022 mendapat sebanyak 135 hibah penelitian jurnal. Sedangkan untuk publikasi, civitas akademika FH telah mempublikasikan 125 jurnal nasional, jurnal internasional, prosiding konferensi, buku internasional, dan policy paper. Berdasarkan jumlah tersebut, 94 insentif diberikan kepada dosen dan 31 lainnya pada mahasiswa. Sementara untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di tahun 2022 FH UGM melaksanakan 676 kegiatan pengabdian masyarakat.

Baca Juga :  KK Denpasar Dijamin Tertampung 100 Persen di SD Negeri, Disdikpora Tegaskan Komitmen

Dahliana mengatakan, peningkatan kualitas dan kuantitas dosen merupakan bagian penting. Saat ini, terdapat 102 dosen di FH UGM. Dari segi kualitas, pada tahun 2022 terdapat 17 dosen FH yang sedang melanjutkan studi S3 baik di dalam maupun luar negeri, 1 dosen telah menyelesaikan studi dan mendapat gelar S3, serta 1 dosen yang akan melanjutkan studi S3 di tahun 2023. FH UGM juga melakukan beragam kegiatan pengembangan SDM tenaga kependidikan untuk meningkatkan soft skill, hard skill, leadership skill, language skill, financial management, computer skill, hingga awareness.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News