KKN UNUD PEJENG
Dorong Ketahanan Pangan, KKN PPM Unud Gelar Pelatihan Pertanian Terpadu dan Hidroponik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Sebagai upaya untuk mendorong ketahanan pangan di Desa Pejeng Kelod, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Udayana (KKN Unud) XXVI menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Pertanian Terpadu dan Hidroponik. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu (26/2/2023) di Kantor Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar.

Kualitas hidup masyarakat yang bergantung pada pangan perlu diupayakan oleh seluruh pihak. Berangkat dari hal tersebut, kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Pejeng Kelod agar bisa diterapkan mulai dari skala rumah tangga.

Baca Juga :  Krisna Oleh-Oleh Gelar Saba Festival Bangsinga 2024 dan Bagikan 5000 Nasi Jinggo

Desa Pejeng Kelod turut mendorong ketahanan pangan daerah melalui program yang dijalankan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Pejeng Kelod.

Mahasiswa Udayana, Kelvin Indra Saputra selaku panitia pelaksana menjelaskan, Desa Pejeng Kelod sudah memiliki program ketahanan pangan dan turut melibatkan TP PKK sebagai penggerak seperti melalui Demplot Puspa AMAN, sehingga sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pertanian terpadu dan hidroponik untuk diterapkan.

Sosialisasi dan pelatihan ini melibatkan dua mahasiswa KKN Universitas Udayana sebagai narasumber yaitu Kelvin Indra Saputra dari Fakultas Pertanian yang turut membawakan materi seputar pertanian terpadu, dan I Putu Yosan Budana dari Fakultas Teknologi Pertanian yang memaparkan materi seputar hidroponik.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh mahasiswa Universitas Udayana dan TP PKK Desa Pejeng Kelod. I Putu Yosan Budana mengatakan, pelatihan mengenai pertanian terpadu dan hidroponik menjadi output yang dapat diberikan oleh mahasiswa KKN guna mendukung anggota PKK dalam kegiatan ketahanan pangan Desa Pejeng Kelod.

Baca Juga :  Dukung Bali United, Pj Gubernur Bali Saksikan Laga Saat Jamu Persib Bandung

“Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang ketahanan pangan melalui teknologi budidaya tanaman pada Demplot Puspa AMAN, mendorong penerapan zero waste, serta mendukung wirausaha di sektor pertanian,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK, Desak Putu Cili menyampaikan, harapannya agar TP PKK dapat lebih semangat memelihara tumbuhan di Demplot Puspa AMAN dan menerapkan ilmu untuk peningkatan ekonomi Desa Pejeng Kelod.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News