RAT
Bupati Sanjaya Hadiri Rapat Anggota Tahunan KPN Abdi Praja Tabanan Tahun Buku 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM. menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam Rapat Anggota Tahunan KPN Abdi Praja Tabanan Tahun buku 2022 yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Selasa (28/2/2023).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Asisten II Sekda Tabanan, Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan, Para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Tabanan dan Para Kepala Bagian di Lingkungan Setda Kabupaten Tabanan, Camat se-Kabupaten Tabanan, Ketua KPN Abdi Praja dan ratusan anggota yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap perangkat daerah koperasi Abdi Praja. Dalam rapat tahunan tersebut juga dirangkaikan dengan pengundian dan penyerahan hadiah yang langsung diserahkan oleh Bupati Tabanan dan launching KPN Mobile – Banking.

Mengutip kalimat dari Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta, bahwa “Koperasi adalah kerja sama manusia sederajat untuk melaksanakan kepentingan semua” dalam hal ini bermakna, sejatinya para founding fathers sangat paham akan semangat egaliter dari masyarakat kecil. Kesadaran ini juga menjadi salah satu ciri dari percikan pemikiran Bung Karno tentang Marhaenisme.

Seperti yang dikatakan oleh Bupati Sanjaya pada siang hari itu, beberapa point terkait penyelenggaraan RAT Koperasi Pegawai Negeri Abdi Praja di Tahun Buku 2022 ini. Utamanya adalah apresiasi langsung dari Bupati Tabanan kepada para pengurus yang telah mampu menyelenggarakan RAT secara tepat waktu. Kehadirannya di tengah-tengah para anggota kala itu menjadikan bukti apresiasi yang diberikan pertama kalinya oleh pimpinan daerah, yang secara langsung hadir memberikan support kepada Koperasi Abdi Praja.

Baca Juga :  Jumat Ceria Bersama Bupati Tabanan

“Kehadiran saya pada RAT Tahun ini harus dimaknai sebagai bentuk pemacu semangat para pengurus untuk mendorong secara sungguh-sungguh koperasi Abdi Praja menjadi Koperasi percontohan bagi koperasi-koperasi lainnya,” papar Sanjaya yang juga menegaskan agar koperasi yang isinya aparatur negara tersebut mampu memberikan contoh baik kedepannya, dan meniadakan praktek tidak sehat dalam organisasi.

Sanjaya juga berharap para pengurus mulai merancang peta jalan bagi kemajuan koperasi Abdi Praja Kedepannya, tentunya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Sebagai Koperasi yang beranggotakan para pegawai negeri, maka sudah menjadi kewajiban seluruh pegawai negeri di lingkungan Pemkab Tabanan terdaftar sebagai anggota, pengurus harus mempunyai target untuk hal ini,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan, koperasi Abdi Praja tidak hanya mampu menyejahterakan para anggotanya saja, namun juga memberikan kontribusi nyata bagi upaya menggerakkan perputaran roda ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Tabanan.

“Untuk itu saya minta agar para pengurus memberikan perhatiannya secara serius agar koperasi bisa tumbuh menjadi salah satu pilar dalam mewujudkan Visi Tabanan,” imbuhnya lagi.

Di akhir kesempatan, Sanjaya juga mengingatkan, agar para anggota koperasi dapat memanfaatkan RAT ini untuk memberikan masukan, usul maupun saran untuk perkembangan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Abdi Praja Kedepannya. Aksi nyata dibutuhkan, bukan hanya sebatas seremonial.

Baca Juga :  Tim Medis Polres Tabanan Laksanakan Pemeriksaan dan Pelayanan Kesehatan Keliling di Polsek Kediri

“Koperasi harus mampu menampilkan wajah baru, cara berpikir dan bertindak yang baru, harus tumbuh menjadi lembaga yang memberikan solusi bagi permasalahan sosial yang ada,” tutupnya.

Terkait hal tersebut, selain memberikan laporan Tahunan pada Rapat Anggota, I Gusti Agung Rai Dwipayana selaku Ketua KPN Abdi Praja juga menyatakan kesiapannya untuk melakukan segala perbaikan dan peningkatan yang dibutuhkan di waktu mendatang.

“Meskipun KPN Abdi Praja telah menunjukkan perbaikan, ke depan kami akan terus meningkatkan kompetensi SDM kami, memanfaatkan teknologi informasi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan dapat berperan serta dalam penanganan kemiskinan, dan mampu menjadi mitra pemerintah Kabupaten Tabanan yang baik,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News