Bangli
Bupati Bangli Hadiri Karya Mamungkah lan Mupuk Pedagingan di Pura Dalem Ageng Desa Adat Sulahan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bertepatan hari Anggara Kasih Tambir Sasih Kesanga, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri serangkaian karya mamungkah agung lan mupuk pedagingan di Pura Dalem Ageng Desa Adat Sulahan Kecamatan Susut, Bangli, Selasa (28/2/2023).

Karya Malik Sumpah dipuput oleh empat sulinggih, Ida Pedanda Istri Agung dari Brahmana Bukit Bangli, Ida Pedanda Istri Buda dari Nongan Karangasem, Rsi Bujangga dari Griya Angkling Gianyar, dan Ida Pedanda Istri Rai dari Brahmana Bukit Bangli

Bupati Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan rasa bangga kepada Krama Desa Adat Sulahan sudah melaksanakan karya dengan dengan semangat gotong royong dan bersatu, semoga Ida Bathara Sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Ageng Br. Sulahan ini sanantiasa memberikan anugerah keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan bagi semuanya.

“Saya ingin seluruh pengempon pura tidak terpecah belah, seperti pepetah mengatakan kalau kita bersatu, maka setengah perjuangan akan berhasil. Begitu sebaliknya jika kita tidak bersatu, maka setengah perjuangan akan gagal. Untuk itu krama dalam melaksanakan kegiatan apapun harus bersatu seraya berharap rangkaian karya memungkah agung lan mupuk pedagingan di Parahyangan Dalem Ageng Desa Adat Sulahan dapat berjalan lancar,” tegas Bupati.

Baca Juga :  JNE Terima Penghargaan Tebar Sejuta Al Quran dari Baitul Maal Hidayatullah

Sang Nyoman Sedana Arta Bupati Bangli asal Desa Sulahan pada Upacara Malik Sumpah menyerahkan Dana Hibah Tahun 2023 senilai Rp200.000.000 diterima oleh prajuru adat Br. Sulahan yang nantinya dipergunakan untuk biaya upacara.

Sementara Bendesa Adat Sulahan, I Nyoman Suela menyatakan, rangkaian  Upacara Karya Mamungkah Agung lan Mupuk Pedagingan Ring Parahyangan Dalem Ageng Desa Adat Sulahan diawali dengan nunas pengandeg semaya di pura dalem lan khayangan sami dan pada hari ini Anggara Kliwon Tambir dilaksanaka upacara Malik Sumpah dan Puncak Karya pada Purnama Kesanga tanggal 6 Maret 2023.

Baca Juga :  Dana Punia di Pura Besakih Kini Bisa Pakai QRIS, Mempermudah Pemedek

“Adapun hewan/binatang yang dipersembahkan dalam acara Karya Mamungkah lan mupuk Pedagingan ring Perahyangan Dalem Ageng Desa Adat Sulahan, antara lain tiga ekor kerbau, kambing, asu blang bungkem, bebek dan lainnya yang berhubungan dengan sarana dan prasara upacara karya,” jelas Bendesa Adat.

Lebih lanjut Bendesa Adat Sulahan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli, para donatur, masyarakat Br. Sulahan yang telah membantu pelaksanaan karya ini sehingga jalannya Karya Mamungkah lan mupuk Pedagingan ring Perahyangan Dalem Agung Desa Adat Sulahan dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Acara Duta GenRe Bangli 2024

Serangkaian Karya Mamungkah lan Mupuk Pedagingan ring Perahyangan Dalem Ageng Desa Adat Sulahan hadir juga Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Jro Gede Batur, Ketua TP.PKK Kab Bangli, Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kab. Bangli, Ny. Suciati Diar, Ketua DPRD Kab. Bangli, Ketut Suastika, Sekda Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra, Anggota DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Budiutama, I Wayan Gunawan, dan undangan lainnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News