KAD Perumda
BI Dukung KAD Perumda Dharma Santhika Kembangkan Komoditas Unggulan Lokal Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pada 24 Februari 2023, telah dilaksanakan seremoni pengiriman perdana 80 ekor babi dari Tabanan ke DKI Jakarta. Hal ini merupakan salah satu implementasi kerja sama antar daerah khususnya untuk Pengembangan komoditas unggulan lokal Bali. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati  Tabanan, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Direktur Umum Perumda Dharma Jaya, Perumda  Dharma Santhika, dan OPD terkait lainnya.

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menyampaikan, bahwa Tabanan memiliki potensi pertanian yang luar biasa, termasuk pada peternakan. Hal tersebut terlihat dari pengiriman perdana komoditas babi dari Perumda Dharma Santhika Tabanan ke PD Dharma Jaya DKI Jakarta. Sanjaya mengapresiasi Kerja sama Antar Daerah (KAD) tersebut dan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup petani dan peternak. Pengiriman babi diperkirakan akan dilakukan setiap bulannya sebanyak 2 kali dengan rata-rata pengiriman sekitar 75 – 80 ekor. Babi yang dikirim rata-rata berusia 4 – 5 bulan dengan bobot sekitar 100kg per ekor.

Baca Juga :  Gencarkan Pelestarian Adat, Seni dan Budaya, Bupati Sanjaya Buka Parade Ogoh-Ogoh se-Desa Adat Kota Tabanan

“Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tabanan perlu memantau dan mengintensifkan kegiatan pelatihan kepada petani dan peternak. Tujuannya agar kualitas hewan ternak yang dihasilkan semakin baik dan membuka peluang kerja sama yang lebih luas,” tambah Bupati Sanjaya.

 Saat ini, petani sudah mampu memproduksi pakan ternak lokal yang dikenal dengan nama P-99 sehingga tidak terpengaruh harga bahan baku pakan yang fluktuatif. Pemerintah Kabupaten Tabanan akan mendukung program pengembangan desa, termasuk pengendalian inflasi. Lebih lanjut, Sanjaya menekankan ketahanan pangan perlu dibangun dari tingkat desa hingga ke tingkat kabupaten.

Baca Juga :  Tim Medis Polres Tabanan Laksanakan Pemeriksaan dan Pelayanan Kesehatan Keliling di Polsek Kediri

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari menyampaikan, dalam menjaga kestabilan harga barang dan jasa, Bank Indonesia memerlukan dukungan dari seluruh pihak, termasuk Kabupaten Tabanan. Salah satu rekomendasi dalam High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (HLM TPID) Provinsi Bali tahun 2022 adalah pembentukan BUMD pangan. Dalam hal ini, Tabanan telah memiliki BUMD Pangan yaitu Perumda Dharma Santhika yang telah menjalin kerja sama dengan berbagai daerah, baik di intra Bali maupun  di luar Bali.

Lebih lanjut, Diah mengapresiasi Perumda Dharma Santhika yang terus mendukung program Pemerintah Provinsi Bali maupun Kabupaten Tabanan dengan berperan aktif, baik dalam pengendalian inflasi maupun penerapan local value chain. Beberapa kerja sama yang telah terjalin diantaranya dengan Marriott Group, PT Aerofood ACS, Ayu Nadi Swalayan, Coco Mart, Perumda Kabupaten/Kota di Bali, serta mini market lainnya. KAD berperan dalam pengendalian inflasi dengan menjaga ketersediaan pasokan melalui penjualan surplus komoditas ke daerah lain dan sebaliknya  pembelian defisit komoditas dari daerah lain.

Baca Juga :  Cek Gigi Balita Secara Langsung, drg. Ida Mahendra Jaya Ingatkan Orangtua Larang Anak Konsumsi Makanan Mengandung Gula Berlebihan

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tabanan juga meresmikan Jalan Poh Gending yang telah selesai diperbaiki. Hal ini merupakan upaya untuk mendukung aktivitas masyarakat, sekaligus mendukung pengendalian inflasi di Kabupaten Tabanan, khususnya dalam pilar kelancaran distribusi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News