pelantikan anggota PPK
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta Forkopimda Kota Denpasar saat menyaksikan pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Denpasar di Kantor KPU Kota Denpasar, Senin (2/1/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya melantik secara resmi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Denpasar di Kantor KPU Kota Denpasar, Senin (2/1/2023). Pelaksanaan pelantikan disaksikan langsung Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda Kota Denpasar, Ketua Bawaslu Kota Denpasar, I Putu Arnata, Camat se-Kota Denpasar serta undangan lainnya. Sebanyak 20 orang turut dilantik yang nantinya akan bertugas di empat kecamatan se-Kota Denpasar.

Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya mengatakan, pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai dengan tahapan Pesta Demokrasi Pemilu Tahun 2024. Secara hirarki, PPK merupakan perpanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan akan melaksanakan kebijakan-kebijakan organisasi di tingkat kecamatan. Keberadaan PPK mempunyai peranan yang sangat strategis mulai dari tahap perencanaan sampai pada tahap evaluasi dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Sehingga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya PPK wajib berada dalam satu garis komando tegak lurus.

Baca Juga :  Zandre Badak: Ayu Harus Buka Pintu Maaf Demi Anak

Lebih lanjut dijelaskan, dalam menjalankan tugas, PPK dituntut bekerja secara profesional, mempunyai integritas, jujur, adil, dan senantiasa menjaga netralitas. Hal ini mengingat netralitas penyelenggara pemilu merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi.

“PPK harus mampu menunjukan jati dirinya sebagai panglima demokrasi yang independen pada Pemilihan Umum Tahun 2024. Peran dan sumbangsih seluruh anggota PPK dalam melaksanakan tugasnya sebagai perpanjangan dari KPU dapat menjadi landasan suksesnya Pemilu serentak 2024,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, Pemilihan Umum Tahun 2024 akan dilangsungkan secara serentak untuk memilih anggota DPR, DPRD, dan Presiden pada tanggal 14 Februari 2024. Tak hanya itu, pemilu serentak 2024 ini juga akan dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Gubernur, Bupati dan Walikota pada tanggal 27 November 2024.

Arya Wibawa juga memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar. Hal ini lantaran telah mampu melaksanakan tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 dengan menuntaskan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Denpasar, sehingga pada saat ini dapat dilaksanakan pelantikannya.

Baca Juga :  Bergerak Cepat ‘’Prime Service’’, Jasa Raharja Bali Serahkan Santunan Kematian Korban Kecelakaan di Buleleng

Dikatakannya, dengan telah dilantiknya anggota PPK, diharapkan segera dapat melaksanakan tugasnya sesuai tahapan pemilu yang telah direncanakan, dengan harapan pelaksanaan pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 dapat terselenggara dengan baik dan sukses. Pihaknya juga berharap agar dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dengan penjelasan yang sedetail mungkin, sehingga bagi calon pemilih dapat memperoleh informasi secara gamblang. Sehingga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya dengan baik dan benar, secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam (Menyama Braya), semangat kebersamaan dan gotong-royong menjadi filosofi kuat dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024. Kita buktikan, masyarakat Kota Denpasar memiliki semangat dalam membangun kapasitas dan menjaga stabilitas politik nasional secara kondusif,” ujarnya.

“Demikian pula kepada saudara-saudara yang telah terpilih menjadi anggota PPK, saya ucapkan selamat. Hal ini hendaknya dapat disyukuri, karena saudara sekalian mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari negara untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi, yang akan menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun kedepan,” imbuhnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini