ftp unud
Mahasiswa FTP Unud Rampungkan Kegiatan PPK Ormawa di Desa Jelijih Pungga dan Desa Karya Sari Pupuan Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebanyak 20 orang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian yang terdiri dari 10 Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) yang dibimbing oleh Ir. I Wayan Tika, M.P., dan 10 orang Mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) yang di bombing oleh Dr. Luh Putu Wrasiati, M.P., telah merampungkan program PPK Ormawa di Desa Jelijih Punggang dan Desa Karya Sari Kecamatan Pupuan Tabanan selama 1 semester yang dimulai dari 1 September 2022-20 Desember 2022.

Program yang dijalankan adalah melakukan inovasi formulasi dan kemasan pada produk Unggulan desa tersebut. Di desa Jelijih Punggang, mahasiswa melakukan inovasi formulasi dan kemasan pada minuman ekstrak kulit buah manggis, sedangkan di desa Karya Sari mereka melakukan inovasi formulasi dan kemasan pada produk gula semut sereh.

Baca Juga :  FTP Udayana Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Prodia OHI International

Ketua kelompok PPK Ormawa Prodi TPB, Ida Ayu Kusuma Tri Hadayani menyatakan bahwa dengan inovasi formulasi, pengemasan dan pemasaran diharapkan masyarakat lebih mengenal minuman ekstrak kulit manggis sehingga dapat menjadi Sumber income generating Baru di desa Jelijih Punggang.

Sementara itu, Jessica Ayuningtyas sebagai ketua kelompok dari prodi TIP menyatakan bahwa masyarakat produktif di desa Karya Sari sangat bersemangat dengan adanya inovasi formulasi dan kemasan ini karena mempermasalahkan mereka untuk memasarkan ke luar desa bahkan keluar kabupaten.

Baca Juga :  Universitas Udayana Launching dan Kick Off Program Internasionalisasi UNISERF

“Agar masyarakat produktif yang sudah membentuk kelompok melanjutkan program inovasi ini dengan mencari ijin edar P-IRT,” ucapnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini