wisuda unud
Universitas Udayana Gelar Wisuda ke-151, Rektor Lepas 898 Wisudawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke 151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/2022). Wisuda periode ini diikuti sebanyak 898 wisudawan dari seluruh fakultas di lingkungan Unud.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU dalam laporannya menyampaikan. Wisuda ke 151 kali ini berasal dari tingkat Diploma 1 orang, Profesi 183 orang, Spesialis 60 orang, Sarjana (S1) 547 orang, Magister 84 orang dan Doktor 23 orang. Dengan demikian, dari awal berdirinya Universitas Udayana sampai saat ini sudah memiliki alumni sebanyak 113.204 orang. Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 217 orang. Wisudawan hari ini didominasi oleh kaum Perempuan yang jumlahnya 511 orang sedangkan wisudawan Laki- laki hanya 387 orang.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik mengucapkan selamat kepada wisudawan dan terimakasih kepada keluarga wisudawan atas kepercayaan yang diberikan pada Universitas Udayana sebagai tempat proses pembelajaran di Pendidikan Tinggi.

“Melalui pendidikan yang telah ditempuh, saudara tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan saudara,” ujarnyanya.

Baca Juga :  Calon kandidat IISMA dan IISMAVO 2023 ikuti Seleksi Internal dan Interview  

Sementara itu Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara pada kesempatan ini menyerahkan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing fakultas/spesialis dan profesi.

Rektor dalam sambutannya mengatakan, seluruh wisudawan telah lulus tepat waktu, yang menandakan seluruh proses perkuliahan telah berjalan sesuai standar yang ditetapkan. Unud selama ini, juga menerapkan tracing study kepada seluruh lulusan untuk mengetahui aktivitas alumni Unud setelah menyelesaikan pendidikan.

Dari tracing studi tersebut, bisa diketahui apakah wisudawan tersebut telah bekerja atau belum dan apakah sesuai dengan minat bakat, kompetensi yang dimiliki serta besaran gaji yang diterima.

“Dari tracing studi yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya, sebagian besar lulusan unud telah bekerja. Bahkan Unud juga terus mendorong para mahasiswanya untuk memiliki pola pikir menjadi wirausahawan. Hal tersebut telah ditanamkan sejak di bangku kuliah dengan membuka inkubator bisnis, kurikulum wirausaha pendampingan dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan para lulusan agar tidak hanya berfokus mencari pekerjaan namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Unud juga terus berupaya mengupgrade kurikulum yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis dewasa ini. Pihaknya kerap meminta masukan dan informasi dari para alumni yang telah bekerja, terkait ilmu-ilmu dan kompetensi apa yang diperlukan, sehingga unud bisa membuat kurikulum yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Baca Juga :  Fakultas Ilmu Budaya Menggelar Musrenbang Tingkat Fakultas Tahun Anggaran 2023  

Untuk meningkatkan kualitas lulusan Unud juga telah berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka lebih berdaya saing dan lebih mudah merebut peluang di dunia kerja.

Selain itu juga Rektor juga menyampaikan bahwa Unud saat ini sedang bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Melalui PTNBH, Unud bermaksud untuk melakukan peningkatan dalam konteks tata kelola dan pemberdayaan segenap aset yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan tinggi di Unud. Melalui PTNBH, Unud diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang lebih berkualitas ke depannya.

PTNBH juga menjadi salah satu syarat bagi Unud untuk nantinya dapat meraih status World Class University menuju universitas dengan kualitas internasional dan berdaya saing global. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini