Arya Wang Bang Pinatih
Pengurus Pusat Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemangku Sangging, Pengurus Pusat Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PW-AWBP) menggelar pelatihan Brahma Widya Dharmaning Sangging, bertempat di Hotel Golden Tulip, Denpasar, pada Sabtu (17/12/2022).

Dalam kesempatannya, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan, bahwa program ini merupakan implementasi anggaran dasar dan rumah tangga, yang diharapkan hasil dari pelatihan ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk semeton AWBP tetapi seluruh umat Hindu.

“Kami di paiketan sebenarnya sudah berjalan 15 tahun yang lalu, nah karena kondisi keterbatasan anggaran, ini baru hingga hari bisa melaksanakan pelatihan sangging. Kebetulan dibantu oleh Pak Ketua Harian, beliau memberikan tempat dan sarana pendukung dan murni ini kegiatannya secara gotong-royong karena ini dari kita untuk kita, dari semeton untuk semeton,” kata Jaya Negara yang juga Wali Kota Denpasar ini.

Selanjutnya, Ketua Harian PW-AWBP, Nyoman Swastika menambahkan, ini merupakan program perdana yang diadakan PW-AWBP, dimana Pertemuan pertama pelatihan membahas teori atau teologi Sangging, yang dilanjutkan minggu depan difokuskan pada peralatan atau piranti Sangging dan tata upacaranya.

Baca Juga :  SMKN 3 Singaraja Dinobatkan Sebagai Pemenang dalam Kompetisi Video Sekolah Binaan Safety Riding Honda Tingkat Nasional

“Sementara pertemuan berikutnya adalah evaluasi uji kompetensi. Sehingga mereka akan mendapat pengakuan dan yang sudah memiliki kemampuan akan diberikan sertifikat untuk menjadi garda terdepan bagi warga Arya Wang Bang Pinatih untuk melakukan metatah masal,” terangnya.

Ida Rsi Agung Yoga Siddhi Bang Pinatih yang turut hadir dalam acara menambahkan, bahwa kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pemangku Sangging.

“Disinilah kami dari Sabha Pandita ingin menyiapkan pemangku-pemangku Sangging,” paparnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini