fh unud
Sidang Promosi Doktor Decky Derek Antonius Wospakrik pada Prodi Doktor Ilmu Hukum FH Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Decky Derek Antonius Wospakrik, seorang tenaga pendidik dari Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Provinsi Papua, menyelesaikan pendidikan Doktornya pada Prodi Doktor (S3) Ilmu Hukum FH UNUD. Sidang Promosi Doktornya dilaksanakan pada Senin (19/12/2022) bertempat di Aula FH UNUD Kampus Denpasar.

Judul disertasi Dr. Decky berjudul ‘Perlindungan Kesatuan Masyarakat Hukum Adat Atas Hak Menguasai Sumber Daya Mineral Pertambangan Oleh Negara di Kabupaten Mimika Papua’.

Sidang Promosi Doktor yang berlangsung selama 2 jam dipimpin langsung oleh Dekan FH UNUD Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, S.H.,M.Hum., dan didampingi oleh Promotor Prof. Dr. I Putu Sudarma Sumadi, S.H., S.U., Ko-Promotor I Dr. I Ketut Sudantra, S.H., M.H., Ko-Promotor II Dr. Gede Marhaendra Wija Atmaja, S.H., M.Hum., serta 4 dewan penguji/penyanggah lainnya.

Decky Derek Antonius Wospakrik melalui disertasinya menyampaikan bahwa pembentukan UU Minerba yang tidak melibatkan kesatuan masyarakat hukum adat di Indonesia berimplikasi pada ketidakjelasan kedudukan kesatuan masyarakat hukum adat dalam UU Minerba.

Baca Juga :  Pascasarjana Universitas Hasanudin Berkunjung ke Fakultas Pariwisata, Bahas Pembukaan Prodi Pascsarjana Pariwisata

“Dengan demikian diperlukan pencermatan kembali terhadap berbagai aspek termasuk masalah bagaimana kesatuan masyarakat hukum adat diakui, dan dilindungi, terutama oleh undang-undang,” ucapnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini