Jembrana
Serunya Atraksi Mekepung Diiringi Kendang Mebarung Disirkuit All in One. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Serangkaian event Akhir Tahun yang dipusatkan di Sirkuit All In One kali ini diisi dengan atraksi mekepung yang diiringi kendang mebarung, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba beserta Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna membuka Atraksi Makepung yang diiringi Kendang Mebarung dengan pelepasan dua pasang kerbau, Selasa (27/12/2022).

Pementasan Atraksi budaya yang ditampilkan melibatkan 20 pasang kerbau yang terdiri 10 regu barat dan 10 regu timur, hal tersebut disampaikan Bupati I Nengah Tamba saat ditemui usai kegiatan.

“Hari ini kita lepas 20 pasang kerbau, kita uji coba apakah pasangan kerbaunya mau melalui sirkuit yang sudah kita buat, ternyata mau, ada beberapa aja yang masih meraba-raba, tapi itu menjadi lucu dan menjadi tontonan yang menarik. Mungkin dilatih beberapa kali nanti akan menjadi lancar dan bagus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati I Nengah Tamba menambahkan, Sirkuit All in One Pengambengan yang memiliki nilai plus view pantai merupakan bukti nyata Pemerintah Kabupaten Jembrana memberikan wadah yang presentatif. Atraksi mekepung yang ditampilkan di sirkuit tersebut kedepan akan dikhususkan untuk pariwisata.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Tutup Secara Resmi Kejurda Remaja IPSI Bali Tahun 2022

“Dan ini bukti nyata, kita buatkan sirkuit seperti ini, tempat, ruang atau wadah yang presentatif. Dengan tujuan kedepan ini adalah sebagai daya tarik pariwisata, mekepung yang seperti biasa yang arenanya sudah ada itu tetap kita jaga kita lestarikan. Kemudian ini khusus nanti kedepan untuk pariwisata,” imbuhnya.

Selain itu, Jembrana memiliki atraksi budaya yang unik yaitu Kendang Mebarung yang kali ini dipadukan dengan mekepung.

Bupati Tamba mengatakan, kedepan keberadaan kendang mebarung itu nantinya akan dipusatkan di suatu tempat agar dapat dengan mudah dikunjungi oleh wisatawan.

“13 kendang yang ada di Jembrana kedepan ini saya akan rencanakan akan dibuatkan tempat, jadi akan berada di satu tempat terpusat, sehingga menjadi kunjungan wisatawan,” harap Bupati Tamba.

Dilain sisi, Koordinator Mekepung Jembrana, I Made Mara mengungkapkan, rasa bangganya atas trobosan ide dari Bupati Jembrana untuk mewujudkan atraksi mekepung agar dinikmati dengan kemasan presentatif oleh wisatawan lokal maupun manca negara.

“Kami selaku kordinator mekepung Kabupaten Jembrana sangat berbangga dengan trobosan-trobosan pak bupati yang luar biasa yang nantinya akses mekepung ini kita bisa jual ke manca negara untuk menjadi suatu paket wisata, jadi kunjungan wisata yang akan datang harus dia menonton mekepung karena sudah menjadi paket wisata,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Teknik Geologi UGM Menang Kompetisi Pemetaan 2019

Pihaknya juga menyampaikan para seka mekepung nantinya juga akan mendapatkan pendapatan dari hal tersebut, selain itu juga dengan adanya atraksi-atraksi budaya yang dipentaskan seperti mekepung dan lain-lain juga akan membangkitkan akomodasi wisata di Kabupaten Jembrana.

“Keunggulan dari pada ini dimana nanti seke mekepung ini akan mendapat donasi-donasi dari wisatawan dan nantinya akan membangkitkan akomodasi wisata seperti hotel-hotel dan rumah makan yang ada tentunya,” pungkas Made Mara.(ang/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini