Desa Wisata

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa menghadiri launching Desa Wisata Cemagi Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Minggu (18/12/2022) malam. Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung, I Made Sunarta beserta Anggota DPRD, Wayan Edi Sanjaya, Kadis Pariwisata, I Nyoman Rudiarta, Ketua PHRI Badung, Perbekel Desa Adat Cemagi serta tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut launching Desa Wisata Cemagi ditandai dengan menghunus keris oleh Sekda Adi Arnawa sekaligus mengukuhkan pengurus dengan menyematkan pin kepada pengurus Desa Wisata Cemagi.

Sekretaris Daerah Adi Arnawa dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Badung sangat menyambut baik dan mengapresiasi dukungan seluruh komponen masyarakat dan segenap stakeholder pariwisata sehingga mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam membentuk dan mewujudkan Desa Wisata Desa Cemagi. Diharapkan pula Desa Wisata Cemagi dapat menjadi destinasi wisata yang dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara dan menjadi role model bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Badung.

“Saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terwujudnya Desa Wisata Cemagi ini, semoga kedepannya dapat memberikan angin segar bagi pariwisata di Kabupaten Badung serta pariwisata Bali, seiring dengan promosi yang kita lakukan dan seiring dengan suksesnya pelaksanaan G20. Hal ini harus kita jaga, satu-satunya yang harus kita lakukan sekarang adalah menjaga solidaritas, persatuan dan kesatuan serta tidak keluar dari kearifan lokal, pelestarian seni dan budaya,” jelas Sekda Adi Arnawa.

Baca Juga :  Kapolsek Kerambitan Sosialisasikan Keamanan Kerja

Sementara itu Ketua Panitia, I Ketut Karpiana sekaligus Bendesa Desa Adat Cemagi melaporkan bahwa potensi unggulan di Desa Cemagi selain di bidang pertanian yaitu di Bidang Pariwisata dengan Icon Pariwisata Desa Cemagi yaitu Pantai Mengening, pantai yang terdapat pura yaitu Pura Gede Luhur Batu Ngaus yang terdapat di atas batu karang view dan keindahannya seperti Pura Tanah Lot. Icon yang Kedua yaitu Pantai Seseh, selain tujuan peselancar/surfer mancanegara di pantai ini juga terdapat Pura Keramat Ratu Mas Sakti yaitu makam dari Anak dari Raja Mengwi yang berasal dari Blambangan Jawa Timur yaitu Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat, akulturasi budaya terlihat jelas di pura ini dengan banyaknya wisatawan muslim dari luar Bali berziarah ke pura ini.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Badung terhadap Desa Adat Cemagi yang kali ini sudah resmi menjadi desa wisata Cemagi.

Baca Juga :  Upaya Dongkrak Kunjungan Wisatawan Tiongkok ke Badung

“Kami berharap kedepannya pengurus dan masyarakat setempat akan menjaga mengembangkan tempat wisata ini untuk kenyamanan tamu internasional maupun lokal,” imbuhnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini