napi lapas
Sejumlah Napi di Lapas Perempuan Kerobokan Terima Rapor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bertempat di Menara Cantik, Lembaga Pemasyarakayan (Lapas) Perempuan Kerobokan, peserta didik Sekolah Merdeka Jegeg yang merupakan warga binaan pemasyarakatan (Narapidana/Napi, red) Lapas Perempuan Kelas II A Kerobokan menerima rapor sebagai hasil belajar selama mengikuti program Sekolah kejar Paket A,B, dan C di Lapas pada Senin (19/12/2022).

Sekolah Merdeka Jegeg merupakan layanan Pendidikan bagi warga binaan yakni Program Kejar Paket A,B, dan C. Sekolah Merdeka Jegeg ini merupakan program kerja sama antara Lapas Perempuan Kerobokan dengan Yayasan Gerasa (Generasi Bisa) serta dengan PKBM Niti Mandala Club (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat).

Warga binaan yang peserta didik kerja paket sangat antusias untuk bisa menerima rapor masing-masing yang dilaksanakan sesuai dengan jenjang Pendidikan/program kejar Paket yang ada yakni, program Kejar Paket A setara SD ada sebanyak 18 wbp, untuk kejar B setara SMP ada sebanyak 8 wbp, serta kejar paket C setara SMA ada 17 WBP.

Kalapas Perempuan Kerobokan, Ni Luh Putu Andiyani, mengucapkan, selamat kepada warga binaan yang telah menyelesaikan kegiatan sekolahnya selama 1 semester ini, dan berharap agar peserta didik kedepannya dapat lebih baik dan semangat lagi dalam mengikuti sekolah kejar paket ini serta untuk tetap melanjutkan pendidikan sampai tuntas dan setinggi-tingginya.

Baca Juga :  Gelar Konferda di Sentra Tenun Jembrana, P3I Bali Punya Nakhoda Baru

“Pembagian rapor ini merupakan bentuk hasil evaluasi atau laporan hasil kegiatan belajar dari peserta didik yang merupakan WBP peserta kejar paket selama satu semester yang dalam hal ini yakni semester I di tahun ajaran 2022 dimana pembagian rapor ini merupakan pembagian rapor pertama bagi WBP di Lapas,” paparnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada para pengajar dari PKBM Niti Mandala Club yang telah memberikan kegiatan belajar mengajar untuk warga binaan sehingga warga binaan bisa menuntaskan sekolahnya sesuai dengan jenjang pendidikannya masing-masing.

Baca Juga :  Pemkot Gandeng Undiknas Rancang Pusat Study Penelitian

Sementara itu, Yayasan Gerasa yang diwakili oleh Ibu Yohana mengucapkan selamat kepada warga binaan yang telah dengan baik mengikuti kegiatan belajar selama di dalam kelas serta selamat karena akan libur semester, tak lupa juga Ibu Yohana menyampaikan untuk kegiatan belajar semester II akan dilaksanakan pada 19 Januari 2023.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ranking dan pembagian bingkisan bagi juara I pada masing-masing kelas serta dilanjutkan dengan pembagian rapor bagi seluruh peserta didik dan pemberian cendramata dari Kalapas kepada seluruh pengajar kemudian dilanjutkan dengan foto bersama antara warga binaan, Ibu Kalapas, dan seluruh pengajar.

Baca Juga :  Polsek dan Koramil Tabanan Obok-obok Duktang di Kos-kosan

Selanjutnya, Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak atas terselenggaranya program kejar paket bagi WBP di Lapas Perempuan Kerobokan. Kegiatan ini merupakan salah satu pemenuhan hak warga binaan dalam memperoleh Pendidikan.

“Tujuan terselenggaranya program kejar paket ini adalah agar para WBP mendapatkan pendidikan baik bagi yang belum sempat menyenyam bangku pendidikan maupun melanjutkan pendidikan yang sempat terputus,” ucap Anggiat.

Dirinya juga berharap bahwa setelah bebas nanti, ijazah yang didapatkan oleh seluruh peserta kejar paket dapat digunakan untuk melamar pekerjaan sehingga menjadi bekal hidup untuk diri beserta keluarganya di masa depan.(aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini