Dekranasda
Rai Wahyuni Sanjaya Kenalkan Kerajinan Khas Tabanan Kepada Ketua Dekranasda Labuhanbatu Utara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Upaya Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan dalam memperkenalkan dan membangkitkan IKM dan UMKM kerajinan khas Tabanan tak hentinya ditunjukkannya dalam berbagai moment. Khususnya pada hari ini, saat menerima kunjungan kerja dari Dekranasda Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, yang disambutnya di Rumah Jabatan Bupati Tabanan, Senin (19/12/2022).

Kedatangan Dekranasda Labuhanbatu pada pagi hari itu, dalam rangka kunjungan kerja Dekranasda. Dalam hal ini, Ny. Rai Sanjaya didampingi oleh Sekretaris Dekranasda, Kabid dan Fungsional Penyuluh Disperindag Tabanan menerima langsung kunjungan dari dr. Rama Dhona Sihotang selaku Ketua Dekranasda Labuhanbatu beserta Wakil Ketua Dekranasda, Wakil Ketua Harian, dan anggota Dekranasda sebanyak 20 anggota.

Tentunya sambutan hangat diberikan oleh Ny. Rai Sanjaya, sebab daya tarik kerajinan khas Kabupaten Tabanan telah menggaung hingga ke tanah Sumatera Utara. Terlebih nantinya, kerajinan-kerajinan khas ini akan menjadi rekomendasi yang bisa dikembangkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Labuhanbatu utara.

“Tentunya kami sangat berbangga sekali menerima kehadiran ibu Ketua Dekranasda dari Labuhanbatu Utara, hal itu membuktikan bahwa kerajinan-kerajinan khas Tabanan ini sudah mulai terdengar hingga ke ranah nasional, dan sudah barangtentu nantinya akan menambah semangat para pengrajin untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan kerajinan-kerajinan khas dan mungkin nanti bahkan bisa di eskpor ke luar negeri,” ungkap Ny. Rai Sanjaya saat itu.

Baca Juga :  Berkantor di Desa Munduk Temu, Bupati Tabanan Ajak Jajaran dan Masyarakat Membangun Secara Efektif dan Efisien

Di kesempatan itu, Ny Rai Sanjaya mengajak serta rombongan untuk berkunjung ke Pojok IKM Dekranasda yang merupakan Inovasi Ibu Ketua sendiri di Lobby Kantor Bupati Tabanan, di mana, para rombongan bisa menyaksikan dan bahkan membeli langsung beberapa kerajinan yang dipamerkan di sana, termasuk komoditas unggulan seperti keramik, kerajinan logam, kerajinan batok kelapa, bokor koran, sandal, tas-tas rajutan dan kerajinan lainnya. Pihaknya juga memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Tabanan, salah satunya yaitu DTW Tanah Lot, Bedugul dan Jatiluwih. Bahkan tak hentinya, Ny. Rai Sanjaya merekomendasikan para rombongan untuk berkunjung ke Pameran Bali Bangkit di Denpasar.

“Kami juga merekomendasikan untuk berkunjung ke Pameran Bali Bangkit yang sedang berlangsung di Denpasar, karena di sana tidak hanya bisa menjumpai kerajinan khas Tabanan tapi dari seluruh Bali juga ada di sana,” sambungnya.

Baca Juga :  Kompol Sumarajaya dan Sekelumit Cerita Tentang Pak Tua

Pihaknya berharap, beberapa kerajinan yang ditampilkan mampu menjadi contoh untuk pengembangan kerajinan di Sumatera Utara seperti yang diharapkan oleh Ketua Dekranasda Labuhanbatu Utara. Para rombongan juga menunjukkan minat dan ketertarikan yang lebih pada kerajinan bokoran dari koran khas Tabanan.

“Rombongan tamu ingin tahu kerajinan-kerajinan apa yang ada di Kabupaten Tabanan, untuk dijadikan contoh kedepannya di Sumatera Utara, Ibu Bupati tadi tertarik dengan Bokoran dari Koran, di Sumetara Utara tidak ada yang seperti itu, itulah tadi yang dijadikan contoh untuk dipraktikkan di sana nanti,” ungkap Kabid Dinas Perdagangan yang turut mendampingi pagi itu.

Baca Juga :  Polsek Penebel Gelar Tibduktang di Penatahan

Tak hanya mengajak berkeliling, Ny. Rai Sanjaya juga memberikan cinderamata bagi para rombongan, sebagai bentuk kenang-kenangan dari Tabanan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini