ft unud
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unud Rayakan Ulang Tahun Ke-38. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan kegiatan perayaan Ulang Tahun ke-38 dan Badan Kekeluargaan Teknik Mesin bertempat di Halaman Prodi Teknik Mesin Kampus Jimbaran, Senin (26/12/2022).

Perayaan HUT ke-38 ini diawali dengan kegiatan jalan santai yang diikuti oleh Rektor Unud, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Unud, Alumni, Para Pimpinan dan Koorprodi dilingkungan Fakultas Teknik serta civitas akademika Prodi Teknik Mesin. Dalam kesempatan ini juga dirayakan HUT Prodi S2 Teknik Mesin. Berbagai kegiatan juga dilaksanakan untuk memeriahkan acara diantaranya lomba-lomba, pentas tari dan musik, pemotongan tumpeng serta pengundian doorprize.

Koorprodi Teknik Mesin I Putu Lokantara dalam laporannya menyampaikan Prodi kini sudah punya 8 Guru Besar dan jumlah mahasiswa 638 orang, dari segi prestasi mahasiswa Teknik Mesin mendapat medali Perak di ajang PIMNAS yang sangat membanggakan dan salah satu mahasiswa sempat masuk mahasiswa berprestasi sampai ke tingkat nasional. Tim Weimena juga mendapat juara 2 di Surabaya dengan didampingi dosen-dosen yang hebat. Melalui kesempatan tersebut pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor yang telah memfasilitasi kegiatan dan juga sponsor yang telah turut mendukung acara serta Suka Duka dan panitia hingga acara dapat terlaksana.

Dekan Fakultas Teknik yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun BKTM yang ke 38. Lebih lanjut Wakil Dekan menyampaikan bahwa Prodi beranjak dari akreditasi B kemudian dua kali A dan lanjut meraih Unggul di tahun 2021 tentu saja raihan yang luar biasa serta sudah tersertifikasi AUN QA dan sedang mengikuti akreditasi internasional. Teknik mesin telah memperoleh berbagai hibah dan salah satunya MBKM yang akan membuat Teknik Mesin akan lebih berjaya kedepan. Melalui kesempatan tersebut pihaknya juga mengharapkan kerjasama dari alumni untuk bisa menjalin kerjasama misalnya MBKM yang mengaitkan mahasiswa dengan industri.

Baca Juga :  Unud Gelar Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha 

“Disamping itu kedepan juga diharapkan agar dibuat lebih banyak lagi kerjasama baik nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Sementara Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dan harapan Prodi kedepan lebih sukses lagi menjalankan visi dan visinya dan tetap dipercaya oleh masyarakat. Civitas akademika di Teknik Mesin bisa tetap eksis kedepan ditengah serbuan-serbuan dari luar tidak saja luar Bali tetapi juga perguruan tinggi luar negeri. Kebersamaan adalah modal untuk maju. Lebih lanjut Rektor menyampaikan beberapa hal diantara Unud kini memiliki 120 Prodi dan 65 persen diantaranya sudah meraih predikat akreditasi Unggul, Sangat Baik dan A.

Baca Juga :  Universitas Udayana Jalin Kerjasama dengan Hotel Indonesia Natour

“Prodi yang meraih akreditasi B agar meningkatkan diri menjadi A atau Unggul dan bagi yang Unggul akan ditingkatkan lagi ke akreditasi internasional,” ungkapnya.

Prodi Teknik Mesin sudah meraih dua tingkat internasional yakni AUN QA dan IABEE. Prodi lainnya diharapkan dapat mengikuti jejak Prodi Teknik Mesin ini. Akreditasi sangat penting bagi sebuah Prodi karena menjadi indikator baik atau buruknya sebuah Prodi. Prestasi mahasiswa juga sudah banyak dari Fakultas Teknik dan Jumlah mahasiswa berprestasi ini menjadi tolak ukur Kementerian terkait majunya sebuah perguruan tinggi.

Baca Juga :  Kenalkan FTP Pada Khalayak Luas, BEM FTP Unud Gelar FTP Goes To School

Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan terkait persiapan infrastruktur perkuliahan yang akan difokuskan di Kampus Bukit dan rencana PTNBH Unud. Disamping itu Rektor juga menyinggung terkait lulusan tepat waktu dan lulusan yang meraih pekerjaan serta pembaharuan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan saat ini. Rektor juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan capaian dari Prodi dan Fakultas saat ini. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini