fh unud
Prodi Sarjana Ilmu Hukum FH Unud Gelar Pengabdian pada Masyarakat di Desa Pancasari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Telah diselenggarakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Sivitas Akademika FH UNUD di Desa Pancasari Kabupaten Buleleng pada Sabtu (3/12/2022). Pengabdian masyarakat ini diawali dengan pembukaan oleh Wakil Dekan II FH UNU Dr. Anak Agung Istri Ari Atu Dewi, SH., MH., yang bertempat di Balai Kantor Kepala Desa Pancasari.

Adapun pihak yang turut serta hadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Dekan I FH UNUD Dr. Desak Putu Dewi Kasih, SH., M.Hum., Korpodi Sarjana Ilmu HUkum FH UNUD Dr. Made Gde Subha Karma Resen, S.H., M.Kn., para Dosen dan Tenaga Kependidikan FH UNUD, Bendesa Adat Desa Pancasari, Kepala Desa Pancasari, serta beberapa perangkat Desa Pancasari.

Baca Juga :  Berikan Refresh Training kepada Para Auditor, LP3M Unud Gelar Penyegaran Auditor Mutu Internal

“Kegiatan Pengabdian masyarakat di Desa Pancasari dilakukan dengan diskusi pembahasan Awig-Awig Desa Pancasari,” ucap Anak Agung Istri Ari Atu Dewi.

Pemerintah Daerah Provinsi Bali sudah menerbitkan Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali yang mengatur secara detail mengenai Awig-Awig, mulai dari pihak yang menyusun, tahapan proses penyusunannya sampai dengan subjek hukum yangh diatur di dalam Awig-Awig tersebut.

Selain itu, Prajuru Desa Adat diberikan kewenangan untuk membuat peraturan lain secara tersurat sebagai pelaksanaan Awig-Awig, Pararem, atau berdasarkan kebutuhan Desa Adat dan/atau penugasan Pemerintah Daerah.

Kemudian juga dibahas mengenai kerjasama yang akan dilakukan antara FH UNUD  dan Desa Pancasari perihal implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) skim Membangun Desa/KKN Tematik dan magang mandiri. Acara pengabdian masyarakat di Desa Pancasari ditutup dengan kegiatan persembahyangan dan bersih bersih bersama di Pura Puncak Sangkur yang letaknya tidak jauh dari Balai Kantor Kepala Desa Pancasari. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini