fh unud
Prodi MIH FH Unud Gelar Seminar Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR  – Telah diselenggarakannya kegiatan Seminar Nasional oleh Program Studi Magister (S2) Ilmu Hukum (Prodi MIH) FH UNUD. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, bertempat di Aula FH UNUD dan menggunakan platform webex pada Selasa (6/12/2022).

Judul dari seminar nasional ini ‘Melemahnya Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dalam Rangka Negara Demokrasi’.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dekan FH UNUD Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, SH., M.Hum yang sekaligus membuka Seminar Nasional.

Seminar dihadiri oleh Wakil Dekan II dan III, Koprodi Magister Kenotariatan, Koprodi Magister Ilmu Hukum, Ketua dan anggota Senat, Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama, Dosen, Mahasiswa S1, S2 dan S3 di lingkungan FH UNUD. Pembicara yang hadir Dr. Janedjri M. Gaffar, M.Si., merupakan Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam RI.

Baca Juga :  Prodi Teknologi Pangan FTP Unud Kembangkan Inovasi Pengolahan Buah Jeruk Siam Kintamani dengan Model Zero Waste Proses

Deputi menyampaikan bahwa hukum memiliki 2 wujud, yaitu: keras dan lembut. Saat ini hukum lebih sering menampakkan sosok keras dalam bentuk pemberian sanksi yang menakutkan, yang seharusnya lembut yang memberikan perlindungan, keadilan, dan kesejahteraan.

Namun kelembutan hukum juga tidak jarang dipermainkan, diputarbalikkan, dan direkayasa. Kondisi tersebut mendorong munculnya gejala ketidakpercayaan terhadap hukum, sehingga hukum menjadi kehilangan kewibawaan.

“Pentingnya ‘Berhukum yang Pancasilais’,  Pancasila harus kembali digunakan sebagai ‘kaca mata’ nilai untuk membaca seluruh teks hukum dan fakta hukum,” ungkap Janedjri M. Gaffar. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini