Kabidhumas Polda Bali
Kabidhumas Polda Bali, Kombes Pol Satake Bayu, S.I.K., M.Si.,. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi besar-besaran dimana sejumlah pejabat di lingkungan Korps Bhayangkara di mutasi ke jabatan baru, dikutip pada Minggu (25/12/2022).

Dalam keterangan pers yang disampaikan oleh Kabidhumas Polda Bali, Kombes Pol Satake Bayu, S.I.K., M.Si mengatakan, total setidaknya terdapat 704 perwira tingkat tinggi (pati) dan menengah yang dimutasi. Mutasi tersebut tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2774/XII/KEP./2022 hingga ST/2777/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani AS SDM Polri, Irjen Pol Wahyu Widada.

Kabidhumas Satake Bayu juga mengatakan mutasi tersebut merupakan hal yang lumrah bagi Polri.

“Mutasi adalah hal yang biasa dalam dinamika organisasi sebagai tour of area and tour of duty, penyegaran serta promosi,” ujarnya. Minggu (25/12/2022).

Dalam surat telegram tersebut disebutkan, Kapolri melakukan rotasi mulai dari tingkat Perwira Menengah berpangkat AKBP hingga Perwira Tinggi Komisaris Jenderal (Komjen). Mutasi tersebut terjadi di tingkat Polres, Polda hingga pejabat utama Mabes Polri.

Sejumlah Perwira Polda Bali yang dimutasi tersebut, di antaranya Brigjen Pol Awang Joko Rumitro, S.I.K. Irwasda Polda Bali yang sudah lama mendapatkan promosi kenaikan pangkat, dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (Penugasan pada BNN) digantikan oleh Kombes Pol Arief Prapto Santoso, S.I.K., S.H., M.M., yang sebelumnya menjabat Irbidjemengarku Itwil V Itwasum Polri. Kombes Pol Firman Nainggolan, S.H., M.H. Karoops Polda Bali dimutasikan menjadi Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Lemdiklat Polri, sebagai penggantinya Kombes Pol Nuryanto, S.I.K., M.Si., Analis Kebijakan Madya Bid Watpers SDM Polri (dalam rangka pendidikan Sesko TNI T.A. 2022)

Baca Juga :  Tingkatkan Kewaspadaan Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Berikutnya Kombes Pol Ir. Roedy Aris Tavip Puspito, M.Si., Kabidlabfor Polda Bali dipindahkan ke Bareskrim sebagai Anjak Madya Bidang Labfor Bareskrim Polri digantikan oleh Kombes Pol Sugeng Hariyadi, S.I.K., M.H., Dirreskrimum Polda Sumbar, Kombes Pol I Gede Adhi Mulyawarman, S.I.K.,M.H., Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda Polda Bali, juga mendapatkan jabatan baru sebagai Anjak Madya Bidang Jemen SDM Itwasum Polri (lulusan Dikreg Sesko TNI T.A. 2022) posisinya digantikan oleh AKBP I Dewa Made Alit Artha, S.I.K., M.H., Kabagbekum Rolog Polda Bali mendapat promosi untuk bisa naik pangkat menjadi Kombes Pol sebagai Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda Polda Bali.

Selain itu, Kombes Pol Bambang Tertianto, S.I.K. Kabidpropam Polda Bali dipindahkan ke Divisi Propam Mabes Polri menjabat Anjak Madya Bidang Wabprof Divpropam Polri. Sebagai penggantinya adalah Kabid TIK Polda Bali Kombes Pol I Ketut Agus Kusmayadi, S.I.K., S.H.,

Sedangkan Kabid TIK Polda Bali kini dijabat oleh AKBP Ambariyadi Wijaya, S.I.K., S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat Wadirreskrimsus Polda Bali sehingga akan segera juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Kombes Pol.

Untuk jabatan Kabiddokkes yang sudah lama ditinggalkan pejabat lama karena mendapat promosi ke Pusdokkes Polri diisi oleh Kombes Pol dr. Komang Nurada Mahardana, Sp.THT-KL yang sebelumnya menjabat sebagai Kabiddokes Polda NTB.

Baca Juga :  DLHK Kota Denpasar Bagikan 400 Tas Belanja Di Pasar Kreneng

Yang terakhir dan ditunggu-tunggu Kabagbinkar Ro SDM yang sempat lowong karena ditinggal oleh pejabat lama, kini dijabat oleh AKBP Tri Goffarudin Pulungan, S.I.K., M.H., yang sebelumnya menjabat Kapolres Gowa Polda Sulawesi Selatan.

“Semoga dengan adanya penyegaran beberapa pejabat utama Polda Bali ini dapat semakin meningkatkan kinerja Polda Bali dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutup Kabidhumas.(aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini