Rektor Undiksha
Rapat Senat Undiksha terkait penetapan tanggal pemilihan rektor yang akan berlangsung 11 Januari 2023 mendatang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemilihan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) ditetapkan berlangsung pada 11 Januari mendatang. Dalam pemilihan itu sudah ada tiga nama calon yang siap serta ditetapkan yakni ada Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd., M.Pd., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., dan terakhir ada Prof. Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes.

Ketiga calon rektor ini akan bertarung dalam pemilihan rektor (Pilrek) yang dilaksanakan secara langsung oleh Senat Undiksha serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristekdikti) pada 11 Januari Mendatang.

Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., menjelaskan dalam Pilrek untuk periode 2023-2027 akan mengacu pada tata tertib pemilihan yang telah disetujui dan dibahas oleh Senat Undiksha dalam rapat khusus.

Dimana peraturan tersebut merupakan rincian lebih lanjut dari Peraturan Senat Undiksha Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor. Sehingga dengan adanya peraturan tersebut maka diharapkan dalam pemilihan nanti semua bisa berjalan lancar, aman, damai, dan mengedepankan keharmonisan.

Baca Juga :  Gudang AC Mobil di Seririt Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

“Karena bagaimana pun kondisi yang demikian merupakan kondisi yang menjadi prasyarat utama bagi keberlangsungan proses Pendidikan di Undiksha,” jelasnya saat ditemui, Selasa (27/12/2022).

Disisi lain, Ketua Panitia Pelaksana Pilrek Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si., menyampaikan bahwa panitia telah siap menyambut tahapan pemilihan. Bahkan untuk segala persiapan serta yang paling penting yakni surat suara telah dipersiapkan.

“Hal yang dibutuhkan sudah kami siapkan dan paling penting itu surat suara,” terangnya.

Kemudian untuk memastikan, siapa yang akan hadir dari Kemdikbudristek untuk memberikan suara, Prof Arnyana mengaku belum bisa memastikan siapa yang akan datang dalam Pilrek 11 Januari mendatang. Namun sebelum menuju hari pemilihan para calon rektor akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu tahap wawancara yang dilakukan secara langsung dari Kemdikbudristek.

Baca Juga :  Pembinaan Wawasan Ketahanan Nasional Kepada Pramuka SMAN 1 Selemadeg

“Mungkin (wawancara, red) tentang bagaimana visi mereka dalam memajukan universitas. Oleh karna itu akan dilaksanakan wawancara oleh kementerian, tetapi jadwalnya belum ditentukan,” imbuhnya.

Sekedar informasi, ketiga calon yang akan memperebutkan kursi Rektor Undiksha sebelumnya telah mengikuti tahapan penyaringan melalui pemungutan suara secara langsung dari Senat Undiksha.

Hasilnya, Lasmawan memperoleh sebanyak 27 suara disusul oleh Sudiana sebanyak 6 suara, dan Artanayasa sebanyak 5 suara. Dalam proses penyaringan itu, ketiganya mengawali dengan paparan visi misi dan program-program yang dinilai sebagai strategi untuk mewujudkan Undiksha semakin baik.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini