DPD APSI BALI
Peringati HUT Ke-42 Satpam, DPD APSI Bali Lakukan Ziarah Rombongan Ke TMP Pancaka Tirta Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Memperingati hari ulang tahun satpam yang ke-42 yang jatuh pada tanggal 30 Desember 2022, DPD APSI Bali atau Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Provinsi Bali mengadakan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta yang beralamat di Jalan Rama No. 22 Tabanan, Jumat (30/12/2022).

Dalam kegiatan ziarah ini tidak lupa juga dari pihak DPD APSI Bali mengundang jajaran Direktorat Binmas Polda Bali yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubdit Satpam, Ibu AKBP Herini dan rombongan dan juga turut mengundang ABUJAPI Bali yang dihadiri secara langusung oleh Ketua Umum Bapak Dewa Putu Suyasa beserta beberapa anggotanya. Pada kesempatan yang sama hadir pula perwakilan dari Tri Jaga Baya Bali yang merupakan BUJP khusus untuk pengamanan yang melibatkan pecalang atau penrepti (semacam petugas keamanan lokal daerah khusus di Bali).

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Tabanan Laksanakan Studi Tiru Pola Keamanan Terpadu di Kabupaten Bantul

Hadir pada kegiatan ziarah rombongan ini kurang lebih 50 peserta, kegiatan diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan. Dilanjutkan kemudian dengan pemasangan karangan bunga di tugu makam pahlawan, tabur bunga di atas makam para pahlawan dan foto bersama.

Ditemui disela-sela kegiatannya, Gede Risky Pramana selaku Ketua DPD APSI Bali menjelaskan, bahwa kegiatan ini memang secara serentak diminta untuk dilaksanakan di setiap daerah dalam rangka memperingati hari ulang tahun Satpam yang ke-42. Perintah tersebut telah diturunkan melalui ST KAPOLRI NO 1531-2022 TTG HUT SATPAM KE-42 TAHUN 2022.

“Bahwa akan ada rangkaian kegiatan lain yang dilakukan setelah tahun baru nanti yaitu nonton bareng film Satpam yang akan diputar secara serentak di bioskop XXI mulai dari tanggal 3-9 Januari 2023. Lalu sebagai acara puncak akan ada gelar pasukan untuk melaksanakan Upacara Peringatan HUT Satpam ke-42 dimana acara ini direncanakan akan berlangsung pada tanggal 30 Januari 2023 di Polda masing-masing daerah,” jelas Risky.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan HUT Satpam ke-42 provinsi Bali, Dandi Sutrisna mengucapkan, terima kasih yang sedalam dalamnya kepada semua pihak yang telah hadir di acara Ziarah Rombongan ini terutama kepada para anggota satpam yang telah meluangkan waktunya untuk ikut menabur bunga di pusara para pahlawan.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024

“Saya berharap semoga dengan adanya kegiatan ini, para satpam di Indonesia akan bisa meniru keteladanan yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan kita dimana setiap perjuangan dalam tugas itu adalah ibadah,” ucap Dandi.

Di akhir kegiatan juga dilakukan penyerahan beberapa pohon sebagai simbul regenerasi, dimana diharapkan Satpam sebagai pengemban kewenangan kepolisian terbatas dapat melakukan tugasnya dengan baik melanjutkan cita-cita luhur para pahlawan untuk selalu menjaga bangsa dan negara ini tetap aman, selamat, damai sejahtera dan sentosa khususnya di area kerjanya masing-masing. Pohon juga adalah merupakan simbol perlindungan dimana seorang Satpam harus memiliki jiwa melindungi bukan malah menakuti. Pohon juga sebagai penyejuk dimana seorang satpam harus memiliki jiwa mengayomi dan membuat orang merasa nyaman.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News