Pemkot Denpasar
Pemkot Denpasar Apresiasi Musyawarah Wilayah HIMPSI Bali X Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Bali menggelar Musyawarah Wilayah HIMPSI Bali X Tahun 2022 yang mengambil tema ‘Kolaborasi Psikologi untuk keluarga dan masyarakat Indonesia yang Sejahtera’, di Kampus Universitas Bali Internasional, Sabtu (17/12/2022).

Acara ini dihadiri Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar, Dewa Nyoman Semadi mewakili Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, anggota DPD RI, Anak Agung Gede Agung dan Ketua Himpunan Psikologi Pusat, Dr. Andik Matulessy, M.Si Psikolog.

Dalam kesempatan itu Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar, Dewa Nyoman Semadi mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi kegiatan Musyawarah Wilayah HIMPSI Bali X Tahun 2022. Menurutnya kegiatan ini sangat bagus karena ada seminar untuk khalayak umum tentang berbagai permasalahan dari sudut pandang psikologi. Tentunya seminar yang mengangkat permasalahan masyarakat seperti ini sangat ditunggu-tunggu untuk dibahas dari para ahli psikologi.

Selain seminar, dalam acara ini juga digelar musyawarah untuk memilih pengurus HIMPSI Bali periode 2023-2027.

Baca Juga :  Tim Saber Pungli Dituntut Cabut “Akar Budaya” Pungli

“Melalui kegiatan ini kami harapkan mendapatkan calon pengurus HIMPSI sesuai dengan yang diharapkan anggota,” harap Dewa Semadi.

Sementara itu Ketua Panitia, Nyoman Trisna Arynata S.Psi., M.A mengatakan, dalam Musyawarah Wilayah HIMPSI Bali X Tahun 2022 ini bisa berlangsung sesuai dasar hukum dan semangat kolaborasi psikolog.  Oleh karena itu dalam acara ini ada beberapa kegiatan yakni Pra-Muswil (Simposium dan Seminar/Webinar paralel). Dalam Simposium ada beberapa pembahasan permasalahan yang mengangkat tema Merefleksikan sinergi dan Kolaborasi dalam riset dan praktik psikologi dengan tiga narasumber yakni Jony Eko Yulianto, M.A., Ph.D., dari Universitas Ciputra yang nenyuarakan narasi kelompok marginal sebuah tanggung jawab sosial. Made Diah Lestari S.Psi., M.Psi., Ph.D dari Universitas Udayana dan Erwin Adrianta Surijah M.Psi., Psikolog yang mengangkat refleksi penelitian psikologi dengan pendekatan Co-Design dan delphi method dari Universitas Dhyana Pura Bali, Kandidat Dokter Queensland University Technology.

Baca Juga :  Relawan Jokowi Center Bali Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Mengingat acara ini sangat penting sehingga dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan khalayak umum seperti mahasiswa, maupun peneliti, praktisi psikologi.

“Dalam acara ini kami juga mengundang HIMPSI sejawat baik pusat, kalangan pemerintahan, industri, masyarakat umum dan lain sebagainya,” ucap Trisna.

Acara dilanjutkan dengan seminar online tentang berbagai isu yakni pertama Keluarga dan kebencanaan, kedua mengenai intervensi psikologis dengan media bermain untuk pelaku dan korban bullying dan seminar penerapan psikologi positif di sekolah inklusif.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini