Denfest

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Nilai transaksi saat pelaksanaan Denpasar Festival (Denfest) ke-15 tahun 2022 mencapai Rp3.426.969.250. Dimana Denfest ini digelar selama 5 hari yakni 21-25 Desember 2022. Sementara itu, untuk jumlah kunjungan ke Denfest sebanyak 48.537 orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani pada Selasa (27/12/2022).

“Perolehan tertinggi pada zona UMKM kuliner heritage sebesar Rp1.147.326.500,” kata Dezire.

Sementara itu, transaksi terkecil pada zona creative community sebesar Rp27.035.000. Adapun jumlah UMKM yang terlibat sebanyak 161 UMKM.

“Untuk Denfest ke-15 ini hadir secara langsung untuk pertama kAlinya kembali dilaksanakan di kawasan Catur Muka pasca pandemi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya Hingga Pembagian Doorprize

Pihaknya menambahkan, pelaksanaan Denfest ini menjadi tantangan tersendiri dalam hal mengangkat dan mendorong kembali UMKM untuk bangkit pasca pandemi.

Selain itu, selama pelaksanaannya juga terus diguyur hujan selama lima hari. Acara ini juga melibatkan pelaku seni atau pengisi acara sebanyak 2.041 orang.

“Jumlah komunitas yang terlibat 46 komunitas dan jumlah tenaga kerja sebanyak 85 orang,” katanya.

Denpasar Festival kali ini lolos kurasi sebagai festival pilihan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kepada 349 Orang Nelayan

Ada berbagai mata acara yang dikemas dalam perhelatan ini, di antaranya inaugurasi pembukaan dan penutupan, pementasan seni klasik hingga kontemporer, pemanggungan musik dari berbagai genre, gelaran fesyen, kuliner khas dan unggulan, teater, podcast/talk show, indie movie, street carnival, workshop, dan lainnya.

Ragam acara tersebut menggandeng para seniman, sineas kreatif, musisi anyar maupun legendaris, sosok inspiratif yang hadir dalam berbagai sesi lokakarya, dan puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai subsektor ekonomi kreatif.

Baca Juga :  Aplikasi Media Tiga Dimensi Organ Pencernaan Muncul dari Kolaborasi Mahasiswa dan SMP Sapta Andika Denpasar

Beberapa band terkenal di Bali juga hadir dalam gelaran festival akhir tahun Kota Denpasar itu seperti Joni Agung, Crazy Horse, Lolot, Emoni, dan lainnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News