fk unud
Mahasiswa FK Unud Raih Medali Perak Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-35 Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) adalah ajang kompetisi inovasi dan riset mahasiswa tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan sudah diselenggarakan sejak 35 tahun terakhir yang menjadi ajang bergengsi bagi seluruh mahasiswa Indonesia. PIMNAS 35 sendiri merupakan tahapan terakhir dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah berlangsung sejak Pebruari 2022.

Ajang ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur pada 30 November hingga 4 Desember 2022 dan diikuti oleh 1694 peserta dari 97 perguruan tinggi se-Indonesia.

Baca Juga :  FIB Unud Gelar Peluncuran Buku "Wija Kusuma"

Di bawah bimbingan Prof. I Wayan Widhiada, ST., M.Sc., Ph.D., Tim Glaucoma Assist (Glassist) dari Universitas Udayana berhasil memperoleh penghargaan medali perak untuk kelas presentasi.

Tim Glassist terdiri atas 2 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran  Putu Emilia Dewi dan Ni Putu Eka Frastika Sari dari Program Studi Sarjana Kedokteran dan 3 orang mahasiswa Fakultas Teknik I Gede Febri Bala Antara dan I Made Putra Arya Winata dari Program Studi Teknik Mesin serta Ketut Tri Andika Ariana dari Program Studi Teknologi Informasi.

Baca Juga :  Fakultas Peternakan Universitas Udayana Terima Kunjungan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada

Glassist mengaplikasikan model geometri matematika dan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mendeteksi risiko kebutaan akibat penyakit glaukoma yang menjadi urgensi kesehatan internasional.

Tim Glassist berencana untuk meningkatkan potensi kebermanfaatan prototipe monitoring risiko kebutaan dengan melakukan modifikasi serta pengembangan pada desain alat dan melakukan validasi alat kesehatan untuk menunjang komersialisasi.

Tim Glassist berharap dapat tetap berkoordinasi dengan Universitas Udayana untuk mendukung keberlanjutan program. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini