fk unud
Bakti Sosial Prodi Doktor FK Unud, Dukung Kesehatan Lansia dan Dukung Aksi Peduli Sampah Plastik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kembali berkolaborasi dengan aparat serta masyarakat Banjar Celuk, Desa Celuk, Sukawati, Gianyar, menyelenggarakan giat pengabdian masyarakat bersamaan kegiatan kepedulian lingkungan dengan meningkatkan pemahaman akan perilaku pemilahan sampah plastik rumah tangga bertempat di Wantilan Pura Dalem Desa Celuk, Sukawati, Gianyar pada Sabtu (3/12/2022).

Kegiatan bertajuk ‘Celuk Go Green Go Clean’ ini juga bersinergi dengan beragam kegiatan lain, termasuk pelayanan Kesehatan. Kelian Banjar Celuk, I Ketut Widi Putra, menyatakan kegiatan ini dilakukan bersama kegiatan lain, seperti senam lansia, donor darah, termasuk juga dukungan kegiatan edukasi kesehatan dan pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Selama ini Banjar Celuk, Desa Celuk telah konsisten berkontribusi dalam kepedulian lingkungan ini dengan sebuah kegiatan yang diberi nama “plastic exchange”, yang merupakan sebuah kegiatan pemilahan dan pengumpulan sampah plastik dengan sistem penukaran atau pergantian bernilai manfaat.

Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas dalam kesempatan ini menurunkan staf pengajar dan mahasiswa S3 program doktor angkatan 2022. Koordinator mahasiswa S3, dr. Made Oka Negara, S.Ked, M.Biomed menyampaikan bahwa untuk kegiatan edukasi kesehatan kali ini berfokus pada penyampaian informasi tentang Kesehatan Jiwa Pada Lansia.

Baca Juga :  Dekan FEB Unud Terima Kunjungan Pertama CPNS Proyeksi Dosen FEB Unud

Dalam kesempatan kali ini didatangkan Dr. dr. Putu Asih Primatanti, Sp.KJ yang merupakan alumni program studi, sebagai narasumber pertama membahas tentang ‘Permasalahan Kesehatan Jiwa Pada Lansia dan Solusinya’. Dilanjutkan berikutnya oleh Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes yang membahas tentang ‘Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Untuk Lansia’. Acara berjalan interaktif, dipandu oleh dr. Made Oka Negara, S.Ked, M.Biomed.

Selain edukasi kesehatan kepada masyarakat, juga dilakukan pelayanan kesehatan di Wantilan Pura Dalem Desa Celuk. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia kegiatan dari mahasiswa S3, dr. Komang Trisna Sumadewi, M.Biomed. yang menyebutkan bahwa pelayanan kesehatan dilakukan secara gratis kepada para lansia yang datang sambil bersenam lansia, juga kepada para masyarakat dan prajuru di Banjar Celuk.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi, Fakultas Teknologi Pertanian Unud Gelar Sertijab Koordinator Unit

“Pelayanan kesehatan kali ini disertai pemeriksaan USG abdomen untuk kasus selektif. Juga dilakukan pemeriksaan laboratorium standar selama rentang waktu pelayanan kesehatan. Mahasiswa S3 yang nondokter juga ikut membantu kelancaran acara ini,” ucapnya.

Juga partisipasi dari Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana terlibat membantu kegiatan ini. Dalam kesempatan ini juga diberikan bantuan tanaman obat keluarga kepada pihak Banjar Celuk sebagai stimulus untuk dapat memulai berpartisipasi menyediakan tanaman kesehatan untuk lansia.

Kegiatan kolaborasi ini rencananya akan terus bergulir secara rutin. Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes, selaku Koordinator Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyatakan akan melanjutkan kolaborasi ini untuk dapat direalisasikan Desa Celuk sebagai mitra atau desa binaan Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Baca Juga :  FK Unud dan RS Unud Bekerja Sama Mendukung Program Elective Study

“Mengingat komitmen kuat dari masyarakat dan aparat Desa Celuk dan Banjar Celuk dalam memberi perhatian terhadap kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat,” ungkapnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini