fk unud
Kolaborasi FK dan FT Unud Borong Tiga Penghargaan Internasional dalam World Invention and Technology Expo 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang tergabung dalam kontingen Universitas Udayana kembali menorehkan prestasi international dalam ajang World Invention and Technology (WINTEX) 2022 di Universitas Udayana, Bali pada 29-31 Oktober 2022.

WINTEX 2022 merupakan salah satu kompetisi yang dinaungi oleh Indonesia Inventors Day (IID) 2022 yang berfokus pada pengembangan inovasi dan teknologi di jenjang perguruan tinggi dan institusi atau badan resmi. Ajang ini bertujuan untuk membantu para peserta dalam mengembangkan produknya melalui inkubasi, kesempatan investasi, atau akses finansial.

Baca Juga :  Teknis dalam Penulisan Jurnal, CLC FH Unud Gelar Writing Class

Di bawah bimbingan Prof. I Wayan Widhiada, S.T., M.Sc., Ph.D, tim Universitas Udayana berhasil memperoleh tiga penghargaan, yakni Gold Award, Outstanding Innovation Award, dan Incubator Opportunity Award.

Tim Universitas Udayana terdiri dari 5 anggota kelompok sebagai sebuah kolaborasi antara 2 orang dari Fakultas Kedokteran (Putu Emilia Dewi dan Ni Putu Eka Frastika Sari dari Program Studi Sarjana Kedokteran) serta 3 orang dari Fakultas Teknik (I Gede Febri Bala Antara, I Made Putra Arya Winata (Teknik Mesin), Ketut Tri Andika Ariana (Teknologi Informasi)).

Baca Juga :  KPU Kota Denpasar Hadirkan Senja Pratiwi sebagai Narasumber Sosialisasi

Pada saat perlombaan, tim melakukan presentasi pada dua orang dewan juri untuk memaparkan invensi prototipe. Selayaknya proses klarifikasi, tim menjelaskan secara terperinci terkait hal-hal yang ditanyakan oleh juri, baik berupa teknologi, kebermanfaatan, dan luaran yang telah dicapai. Juri turut menanyakan terkait ‘future work’ dari invensi tim sehingga nantinya dapat terhilirisasi maupun dikomesialisasi ke masyarakat.

Pada ajang ini, peserta tim yang hadir secara offline berasal dari berbagai negara, seperti: Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Romania, Mesir, dan yang lainnya. Namun, terdapat juga peserta yang mengikuti lomba ini secara online dengan menjangkau lebih banyak negara peserta. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini