Buleleng
Lagi, Buleleng Raih Penghargaan Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Setelah meriah penghargaan sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Terbaik tahun 2022 wilayah Jawa-Bali, Buleleng kembali berhasil meraih penghargaan nasional.

Kali ini datang dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Buleleng berhasil meraih Anugerah Meritokrasi tahun 2022 sebagai instansi pemerintah yang menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN dengan nilai 330,5 dan predikat sangat baik. Trofi serta piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenpanRB) RI, Abdullah Azwar Anas bersama dengan Ketua KASN Agus Pramusinto kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Gede Suyasa mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng di Ruang Pertemuan Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Ditemui usai menerima penghargaan, Suyasa menjelaskan hanya dua kabupaten di Bali yang meraih predikat Sangat Baik. Selain Kabupaten Buleleng, ada pula Kabupaten Badung. Raihan predikat Sangat Baik ini menjadi satu bentuk upaya yang konsisten dan juga komitmen dari pejabat pembina kepegawaian untuk menerapkan sistem merit dalam bidang kepegawaian. Sistem merit ini akan sangat membantu daerah untuk kedepannya dalam hal menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan potensi dan kompetensinya. Serta keterampilan yang dimiliki.

“Dengan nilai yang sangat baik, ya tentu kita ke depan harus berusaha untuk menjaga konsistensi dan komitmen. Agar aturan-aturan birokrasi kepegawaian itu tetap bisa dilaksanakan, dipatuhi dan dipedomani. Dalam hal melakukan tata kelola di bidang meritokrasi kepegawaian,” jelasnya.

Baca Juga :  Belasan Hewan Kurban Disucikan Lewat Upacara Mapepada

Hasil ini tentu telah diperhitungkan dengan matang oleh KASN. Termasuk melihat kriteria yang dipenuhi oleh Buleleng sehingga mencapai sangat baik. Upaya-upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan para ASN terus dilakukan. Tes asesmen kepada para pejabat eselon dua juga telah dilakukan oleh Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.

“Ini juga memberikan penambahan nilai yang cukup signifikan untuk bisa naik dari baik menjadi sangat baik,” ujar Suyasa.

Sementara itu, Agus Pramusinto menyebutkan, periode kali ini pihaknya menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit Sangat Baik dan Baik. Adapun rinciannya, terdiri atas 30 instansi pemerintah yang meraih kategori Sangat Baik dan 144 peraih predikat Baik. Keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori Baik dan Sangat Baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi pemerintah yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN.

“Selain itu, keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dan instansi paguyuban dalam menerapkan sistem merit,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Azwar Anas mengatakan penilaian sistem merit ini menjadi hal yang penting dalam memperbaiki kinerja ASN. Oleh karena itu, penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong perbaikan pelayanan publik melalui terciptanya SDM ASN yang andal. Hal tersebut selaras dengan lima prioritas presiden yang poin pertamanya adalah pembangunan SDM.

Baca Juga :  Hendak Merayakan Kuningan, Remaja Asal Sawan Meninggal Tertimbun Longsor 

“Kita akan masuk empat besar ekonomi dunia. Perlu kita siapkan, salah satunya mempersiapkan manajemen merit, yaitu menyiapkan SDM kita. Harapan kita ke depan, core value baru akan menjadi bagian dari upaya kita untuk terus memperbaiki pelayanan publik yang core value Ber-Akhlak,” kata mantan Bupati Banyuwangi, Jawa Timur ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News