fkh unud
Kunjungan Kerja FKH Unud ke Balai Taman Nasional Bali Barat Kabupaten Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) mengadakan kunjungan kerja ke Balai Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana Bali, hari itu juga bertepatan dengan  Bulan Purnama yang merupakan  hari suci bagi Agama Hindu, Kamis (8/12/2022).

Dalam kunjungan kerja kali ini Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Prof. Dr. drh. I. Nyoman Suartha, MSi bersama Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. drh. Luh Gde Sri Surya Heryani, M.Biomed., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Informasi dan Kerjasama Dr. drh. I Wayan Sudira, M.Si., dan para Koprodi Sarjana Kedokteran Hewan, Program Profesi Kedokteran Hewan dan Magister Kedokteran Hewan.

Pada kunjungan kali ini juga menyertakan tenaga kependidikan untuk diajak bertirta yatra serangkaian denga hari raya suci itu. Kedatangan team Fakultas Kedokteran Hewan ini disambut dengan sangat baik oleh Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Kepala Balai, drh. Agus Ngurah Krisna Kepakisan, M.Si.,  menerima tim dari FKH Unud, yang diterima di ruang aula TNBB.

“Penyampai rasa terimakasi dan ucapan selamat datang atas kunjungan kerjanya, karena selama ini FKH Unud dengan TNBB telah terjalin kerjasama yang sangat baik,” ucapnya.

Baca Juga :  100 Orang Pemakalah Ikut Sukseskan Seminar dalam Rangka Peringati HUT Fakultas Teknologi Pertanian Unud

Kepala Balai yang merupakan salah satu alumni FKH Unud angkatan tahun 1988, bercerita tentang masa kuliah dulu yang masih agak sulit yang mana sekarang diakui perkembangan FKH Unud sudah sangat baik, terbukti dengan diraih akreditasi unggul baik ditingkat Sarjana Kedokteran Hewan maupun di jenjang Magister. Ditampilkan dalam paparan beliu mengenai wilayah kerja TNBB, jumlah kunjungan dan kegitan harian di TNBB.

Sementara itu Dekan FKH Unud, Prof. Suartha menyampaikan maksud kunjungan beliau dan team adalah dalam rangka, menyampaikan rencana kerjasama dan inplementasi kegiatan yang dilakukan bersama TNBB di tahun 2023. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam kerjsama ini, menyangkut bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Untuk Bidang Pendidikan saat itu juga disampaikan bahwa baru saja Program Magister Kedokteran Hewan melakukan reakreditasi dan dengan capaian maksimal yaitu terakreditasi Unggul.

Baca Juga :  Asesor LAM-PTKes Lakukan Asesmen Lapangan pada Prodi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud

“Capain ini tentu saja tidak terlepas dari keterlibatan mitra dari FKH Unud, yang salah satunya adalah TNBB,” ucap Prof. Suartha.

Wakil Dekan bidang kemahasiswaan Informasi dan Kerjasama (Dr. Sudira) menyampaikan bahwa ada kegiatan bidang minat yang namanya Rotchildi yang bidang peminatannya mengenai satwa liar, sangat cocok untuk melakukan pembelajaran di TNBB.

Apalagi ada program dari kementrian Riset Teknologin dan Kebudayaan yang mencanangkan Program Merdeka Kampus  Merdeka(MBKM).Program ini memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa untuk mengambil pembelajaaran di luar kampus sebanyak satu semester setara dengan dua puluh satuan kredit semester (20 SKS).

Baca Juga :  Perbekel Desa Sidan Apresiasi Kegiatan Pengabdian yang Dilakukan LPPM Unud

Kepala Balai dan staf sangat antusias menyambut program ini dan akan memberikan ruang seluas luas bagi mahasiswa untuk belajar di TNBB, tentu saja dibawah bimbingan tenaga teknis yang berada di TNBB. Pada saat itu juga ditandatangani tentang Implementation of arrangement (IOA) antara FKH Unud dengan TNBB.

Dalam pertemuan itu juga ada diskusi yang sangat baik, banyak hal menyangkut informasi pendidikan dan proses pembelajaran serta strategi penyelesaian kuliah juga sempat didiskusikan. Antusiasme untuk melanjutkan pendidikan diantara staf TNBB yang berpeluang untuk melanjutkan Pendidikan. Diakhir sesi diserahkan brosur tentang Program Magister Kedokteran Hewan untuk di pelajari, dan apabila belum jelas pihak Fakultas Kedokteran Hewan siap memberikan penjelasan  lebih lanjut melalui media sosial yang ada. Tidak lupa diadakan sesi photo bersama. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini