Jembraña
Ketua Kwarda Bali kukuhkan kepengurusan Kwarcab Jembraña. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Ketua Kwartir Cabang Jembrana, I Made Budiasa beserta Pengurus  Kwartir Cabang Jembrana dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jembrana periode tahun 2021-2026 resmi dikukuhkan pada Sabtu (17/12/2022) di Gedung Auditorium Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Kwartir Daerah Bali, I Made Rentin turut melantik dan mengukuhkan, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Pramuka Jembrana bersama anggota majelis pembimbing lainnya.

Rentin dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Jembrana.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi Kwarcab dan seluruh jajaran pengurus masa bhakti 2016-2021, dan selamat kepada kakak-kakak yang dilantik hari ini untuk masa bhakti 2021-2026 walaupun pelantikan baru dilaksanakan setalah satu tahun kepengurusan berjalan,” ucapnya.

Melihat komposisi Mabicab dan Pengurus Kwartir Cabang Jembrana, Made Rentin mengungkapkan harapan besarnya akan perkembangan Kwartir Cabang Jembrana.

“Jika dilihat dari komposisi Mabicab dan Kepengurusan Kwarcab Jembrana tak diragukan lagi bahwa Kwarcab Jembrana akan mendapat dukungan besar dari pemerintah Kabuaten Jembrana, sehingga kepengurusan periode ini akan memiliki inovasi, kreativitas dan terobosan baru dalam menyusun dan melaksanakan kegiatan” tegasnya

Baca Juga :  Bupati Artha Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Made Rentin yang juga Kepala Pelaksana BPBD Bali mengungkapkan, telah melaksanakan program digitalisasi database anggota Pramuka Bali melalui aplikasi siapsapa.id, yang mendapat apresiasi dan dukungan dari Kwartir Nasional sebagai acuan pelaksanaan kegiatan kepramukaan. Ia meminta kepada Ketua Kwarcab Jembrana berserta jajaran untuk mengawal proses digitalisasi database anggota Pramuka sehingga dapat tuntas.

“Seluruh anggota Kwarda Bali wajib terdaftar dalam aplikasi siapsap.id sebagai acuan pelaporan potensi pramuka kepada Kwartir Nasional dan Pemerintah yang akan menjadi persyaratan utama mengikuti kegiatan kepramukaan skala ranting, cabang dan nasional,” ungkap Made Rentin.

Baca Juga :  Bupati Artha Gelar Sosialisasi Germas Hidup Sehat Pencegahan Covid-19

Dalam sambutan setelah dilantik, I Nengah Tamba mengungkapkan rasa syukur kegiatan pelantikan dapat terlaksana dengan baik dan mengungkapkan rasa bangganya menjadi bagian dari anggota Gerakan Pramuka.

“Saya bersyukur, setelah beberapa kali direncanakan akhirnya di hari yang baik ini dapat dilaksanakan pelantikan. Saya merinding dan merasa bangga,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan memiliki gagasan untuk membangun kawasan perkemahan di Jembrana seperti Bumi Perkemahan Cibubur.

“Saya telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dan memohon ke Pemprov Bali untuk pemanfaatan lahan hutan produksi seluas 50 hektar di depan Kawasan Mantu Cager sebagai pusat persinggahan dan kawasan perkemahan untuk Pramuka seperti yang ada di Cibubur, kira juga bisa memiliki Bumi Perkemahan di Jembrana,” kata Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengapresiasi dedikasi peran Gerakan Pramuka dalam mendidik generasi muda.

Baca Juga :  Hadiri HUT Komunitas Truk, Wabup Ipat: Hindari Parkir di Bahu Jalan

“Semangat kepramukaan sangat luar biasa dalam mendidik kader-kader generasi bangsa yang tangguh, Saya bangga melihat semangat para pengurus dan anggota yang mencerminkan generasi yang berbeda, cinta tanah air dan berbakti pada negeri,” ujarnya.

Lanjutnya Ia berharap kepada para anggota Pramuka Kwarcab Jembrana dapat berkontribusi mewujudkan Jembrana Emas 2026 demi masyarakat Jembrana Bahagia.

“Adik-adik sekalian anggota pramuka dengan semangat kalian sambutlah tahun 2026 sebagai tahun emas Kabupaten Jembrana, bantu pemerintah mewujudkan Jembrana Emas 2026, kontribusi adik-adik akan menjadi contoh bagi generasi muda Jembrana, meningkatkan produktivitas dan melaksanakan hal-hal yang positif, untuk mewujudkan masyarakat Jembrana Bahagia,” harapnya.

Selain Acara Pelantikan Kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana, acara juga dirangkai dengan Pembukaan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Dasar Tahun 2022.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini