HIMPI
Jaya Negara Buka Rakercab Pengurus HIPMI Denpasar Masa Bhakti 2022-2025. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Himpunan pengusaha muda Indonesia (Hipmi) BPC Kota Denpasar menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Pengurus HIPMI Denpasar Masa Bhakti 2022-2025. Kegiatan ini di buka langsung Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara yang ditandai dengan pengetukan palu sidang, Sabtu (3/12/2022) di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, Ketua Umum BPC HIPMI Denpasar, I Putu Wirama, Ketua Umum BPC HIPMI Bali, Pande Agus Permana Widura dan pengurus HIPMI lainya.

Jumlah wirausahawan di Indonesia idealnya dua persen dari jumlah penduduk untuk membantu perkembangan ekonomi. Atau bahkan idealnya mengarah ke-4%. Saat ini jumlah wirausahawan masih 3,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Jumlah wirausahawan perlu terus ditingkatkan apalagi jika mengacu pada negara lain, jumlah entrepreneur di indonesia jauh lebih rendah. Malaysia memiliki wirausahawan sebanyak 5% dari total penduduk, singapura 7% dan negara-negara di benua eropa dan Amerika lebih dari 12%.

Mencermati hal tersebut Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya untuk membangkitkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan generasi muda melalui dukungan kepada wirausaha muda kreatif, salah satunya melalui pemberian fasilitas berupa tempat untuk mengasah diri yaitu gedung Dharma Negara Qlaya/DNA, Creative Hub. Demikian disampaikan Walikota Jaya Negara dihadapan pengurus HIPMI Denpasar saat membuka rakercab.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Dukung BPS Laksanakan “PODES” Tahun 2024

Lebih lanjut dikatakan, di saat seperti ini dimana lapangan kerja semakin sulit dan terbatas, maka menjadi wirausaha merupakan Alternatif jalan keluar. Kewirausahaan dipilih dengan tujuan untuk mendorong generasi muda agar dapat menjadi aktor utama pertumbuhan kesejahteraan bangsa, melalui usaha yang mereka kembangkan dapat menghasilkan multiplier effects yang positif bagi perekonomian.

“Mudah-mudahan dengan ini dapat memacu semangat kita khususnya bagi jajaran Hipmi Denpasar dapat mengoreksi diri dan lebih meningkatkan peran HIPMI dalam proses pembangunan perekonomian daerah pada masa yang akan datang,” kata Jaya Negara.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan

Lebih dikatakan pengurus HIPMI, hendaknya dapat bekerja dengan baik sesuai tuntutan organisasi, dimana kondisi dunia usaha saat ini penuh dengan persaingan yang kompetitif dan menuntut pelaku usaha untuk melakukan inovasi perbaikan system/management dan manpu melihat peluang yang ada, sehingga tetap dapat eksis dan berkembang dalam kondisi yang serba sulit dan kurang menguntungkan. Dimana, untuk berwirausaha biasanya kesulitan dalam memulainya. Kreativitas, mental positif, dan pola pikir maju menjadi unsur utama bagi penciptaan karakter generasi muda yang handal.

“Pada Kesempatan yang berbahagia ini saya ingin berpesan kepada seluruh komponen masyarakat terutama entrepreneur muda untuk bersama-sama mendukung pembangunan daerah dengan mengembangkan potensi, kreativitas dan kearifan lokal serta menumbuhkan iiwa wirausaha yang pada gilirannya mampu bersaing di tingkat Regional maupun internasional,” imbuhnya.

Sementara Ketua Umum BPC HIPMI Denpasar, I Putu Wirama, mengatakan tema rakercab kali ini yakni ‘Asikian Karyaning Sad Guna HIPMI Denpasar’ yang berarti menyatukan karya dalam program kerja SAD GUNA HIPMI Denpasar. Dengan Tujuan utama untuk menguatkan kolaborasi dan saling bergandengan tangan dengan maksud dan tujuan untuk mengembangkan jiwa wirausaha, membina generasi pengusaha muda bangsa, menjadi mitra strategis Pemerintah, serta membentuk pengusaha Denpasar yang berwawasan agar dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Gede Ngurah Ambara Putra Resmi Menjadi Anggota DPD RI, De Gadjah : Sinergi Parpol dan DPD Kunci Membangun Bali

Ditambahkannya, kali ini Pelantikan Pengurus HIPMI Perguruan Tinggi, Ada 3 HIPMI Perguruan Tinggi yang akan dilantik kepengurusan barunya yakni, HIPMI PT Univ. Warmadewa, HIPMI PT Univ. Mahasaraswati dan HIPMI PT Kampus Alfa Prima, serta untuk saat ini HIPMI Denpasar memiliki 14 HIPMI Perguruan Tinggi.

Selain itu juga dilaksanakan Peresmian Koperasi HIPMI Denpasar yaitu, Koperasi Dana Karya Sadguna. Dimana nantinya Koperasi HIPMI Denpasar akan menjadi Badan Usaha Milik HIPMI Denpasar untuk mengakomodir anggota HIPMI Denpasar. Koperasi HIPMI Denpasar ini akan menjadi awal pembentukan Badan Usaha Milik HIPMI di BPD HIPMI Bali.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News