Indonesia Esports
Indonesia Esports Summit Resmi Dibuka. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Kali ini The Nusa Dua menjadi tuan rumah Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship yang diselenggarakan di Hotel Merusaka Nusa Dua, 2-11 Desember 2022, diikuti kurang lebih 500 atlet dan ratusan delegasi dari 105 negara.

Direktur Utama ITDC, Ari Respati mengatakan, melalui Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship, pihaknya menunjukkan kembali kesiapan dan kemampuan kawasan yang dikelola menjadi host atau tuan rumah penyelenggaraan event internasional, kali ini sebuah kejuaraan internasional di sektor digital.

“Melalui peran sebagai tuan rumah ini, kami juga menunjukkan dukungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor digital di Indonesia dan meyakini bahwa sektor digital akan menjadi stimulus baru yang akan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Ari.

Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship resmi dibuka Jumat (2/12/2022) malam oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, Gubernur Bali, Wayan Koster, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo, dan Presiden Federasi Esport International (IESF), Vlad Marinescu.

Baca Juga :  Yonzipur 18/YKR Pastikan KTT G20 Aman

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo mengatakan, Indonesia Esports Summit menyuguhkan pertandingan esports kelas dunia lewat IESF 14th World Esports Championships 2022, sajian entertainment kontemporer dan tradisional, ekshibisi industri kreatif dan teknologi terdepan, hingga beragam diskusi menarik yang akan mengangkat isu-isu hangat di dunia esports dan ekositemnya.

“PB ESI juga ingin menegaskan kembali ke masyarakat luas, terutama kalangan pelaku ekonomi kreatif, tentang besarnya potensi esports dalam memulihkan dan membangkitkan kembali industri kreatif dan pariwisata yang sempat terkendala akibat pandemi,” jelas Bambang Sunarwibowo.

The Nusa Dua sendiri telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai event internasional sepanjang 2022, diantaranya rangkaian konferensi internasional pra-KTT G20, Bali International Fashion Week, Vespa World Days, kegiatan side events KTT G20, Road To Now Playing Festival yang menghadirkan band dunia Weezer, serta Archipelagic and Island States (AIS) Forum dan Bali Democracy Forum pada Desember ini.

“Rangkaian event tersebut menunjukkan kemampuan kawasan The Nusa Dua menjamu beragam event internasional, tidak terbatas pada event MICE, tapi juga event musik, fashion, sport, dan jenis event lainnya.   Hal ini didukung oleh kelengkapan infrastruktur dan fasilitas kawasan, serta SOP yang telah terbukti siap dan sukses dalam menggelar berbagai jenis event berskala besar baik nasional maupun internasional,” ungkap Ari.

Saat ini The Nusa Dua memiliki 19 hotel atau setara dengan 4.800 kamar yang beroperasi di masa pandemi serta fasilitas Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) yang mampu menampung lebih dari 20.000 delegasi. Melengkapi fasilitas akomodasi dan MICE ini, di The Nusa Dua juga terdapat atraksi seperti pusat perbelanjaan Bali Collection, Museum Pasifika serta Bali Nusa Dua Theater. Fasilitas lain yang juga tersedia adalah rumah sakit internasional, international medical and fertility wellness center serta lapangan golf 18 holes.  The Nusa Dua juga memiliki kawasan outdoor space seluas 5 hektar dengan lokasi langsung menghadap Samudera Hindia, yang tahun ini telah digunakan untuk menyelenggarakan event Vespa World Days, Univlox, dan Road To Now Playing Festival.

Baca Juga :  Harapkan Presidensi G20 Berjalan Aman dan Lancar, Wali Kota Jaya Negara Ikuti Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama

“Penyelenggaraan berbagai event skala nasional dan internasional di Indonesia pada 2022 ini menjadi salah satu indikator kebangkitan pariwisata nasional pasca pandemi Covid-19. ITDC, dengan kawasan-kawasan yang dikelolanya yaitu The Nusa Dua Bali, The Mandalika – Lombok NTB, dan yang akan datang The Tana Mori – Labuan Bajo NTT, siap merespon kepercayaan berbagai pihak untuk bermitra dan bekerjasama dalam menyelenggarakan berbagai event nasional dan internasional di Indonesia.  Kami siap berkolaborasi untuk mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia,” tutup Ari.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini