Dalem
Hadiri Upacara Mendem Pedagingan Pura Dalem Desa Buahan, Bupati Sanjaya Harap Krama dan Pemerintah Selalu Bersinergi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kebersamaan, kekompakan dan semangat gotong-royong yang terbalut dalam sinergi antara krama/masyarakat dan pemerintah merupakan salah satu kunci sukses dalam membangun suatu daerah. Hal itulah yang diinginkan oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., agar terwujud dalam setiap kunjungannya turun langsung menghadiri pembangunan yang dilakukan oleh krama/masyarakat Tabanan.

Seperti yang dilakukan pagi ini, Senin (26/12/2022), ketika menghadiri undangan Mendem Dasar dalam rangka perbaikan seluruh Pelinggih yang ada di Utamaning Mandala Pura Dalem Desa Adat Buahan, Kecamatan Tabanan. Turut hadir saat itu, Anggota DPR RI, I Made Urip, Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, dan anggotanya, yakni I Gusti Komang Wastana dan Putu Desta Kumara. Nampak juga Asisten I dan OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Tabanan, Perbekel serta Bendesa Adat dan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Safety Riding Astra Motor Bali Sasar SDN 2 Penatih

Dihadapan krama, Bupati Sanjaya menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Buahan.

“Titiang di Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranyya upacara/upakara ini. Apa yang telah diselenggarakan oleh masyarakat titiang di Buahan, sudah sangat sesuai dengan Sastra dan sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” puji Sanjaya.

Seperti yang dikatakan oleh I Wayan Muliada selaku Ketua Panitia Karya, bahwa pembangunan Pura Dalem Desa Buahan ini dilakukan secara menyuluruh dengan anggaran total mencapai Rp1,3 miliar.

Dikatakan juga, bahwa Pembangunan ini telah dikonsepkan secara seksama oleh Bendesa Adat bersama prajuru adat, Panitia Karya juga masyarakat yang sumber dananya berasal dari gotong-royong warga dan juga bantuan dari pemerintah. Dimana dalam upacara Mendem Pedagingan yang merupakan awal pembangunan dipuput oleh Ida Pedanda Grya Tegeh Tunjuk.

Baca Juga :  Rangkaian Film Layar Lebar Indonesia Spesial Hadir di SCTV

Untuk itu, Bupati Sanjaya juga sangat memuji konsep pembangunan yang dilakukan oleh krama dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihaknya, dikala melihat persatuan dan semangat gotong-royong masyarakat yang sangat luar biasa.

“Dari atas sampai bawah harus kompak bersatu. Tanpa persatuan kita akan susah, apapun itu. Dan saya lihat sekarang masyarakat titiang disini sudah sangat kompak dan bersatu. Astungkara berkat dukungan krama, tiang bisa menjadi Bupati. Tiang haturkan terimakasih yang setinggi-tingginya,” imbuh politisi Asal Dauh Pala Tabanan itu.

Baca Juga :  Lorakaca Tembus Tiga Besar Kompetisi Astra CA Award Tingkat Nasional 2022

Dalam kesempatan itu, Bupati Sanjaya juga tiada henti-hentinya meminta kepada masyarakat agar apa yang telah terbangun selama ini antara pemerintah dan masyarakat terus ditingkatkan guna mewujudkan pembangunan kedepan.

“Tiang berharap kedepan, wajib hukumnya Desa Buahan harus maju, baik dari segi infrastruktur dalam Parahyangan, Palemahan maupun dalam Pawongan. Apalagi seperti yang saya lihat saat ini, masyarakat sangat bersatu dan menggantungkan kekuatan pembangunan bersama Pemerintah Kabupaten Tabanan. Ini sangat luar biasa sekali,” tegas Sanjaya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini