Gubernur Bali Tinjau Pembangunan
Gubernur Bali Tinjau Pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali dan Shortcut Singaraja-Mengwitani. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Gubernur Bali, Wayan Koster meninjau pembangunan Turyapada  Tower KBS 6.0 Kerthi Bali dan Shortcut Singaraja-Mengwitani pada  Sabtu (24/12/2022) bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana, Kepala Dinas PUPR Provinsi Bali, Nusakti Yasa Weda, dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Dalam tinjauannya, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini  mendapatkan laporan dari pelaksana proyek PT. Hutama Karya  bersama PT. Yodya Karya, bahwa progress pekerjaan Turyapada  Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Buleleng pertanggal 23 Desember 2022 telah mencapai 13,86% dengan melibatkan 161 pekerja. Untuk memenuhi target capaian pekerjaan, telah dilakukan peningkatan alat carmix untuk mensupply beton, penambahan alat concrete pump untuk pengecoran, penambahan alat drilling rig sany SR-265, dan menerapkan sistem  kerja lembur di malam hari.

Baca Juga :  Ratusan Calon Paskibraka Kabupaten Buleleng Ikuti Test Kesamaptaan dan Parade PBB

Sementara dalam tinjauannya di pembangunan Shortcut Singaraja Mengwitani yang berlokasi di Desa Wanagiri, Desa Pegayaman, dan Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Pejabat Pembuat Komitmen Provinsi Bali, I Made Gede Widhiyasa melaporkan bahwa progress  pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani Titik 7ABC dan Titik 8  sampai saat ini sudah mencapai 96,14% dengan target penyelesaian  31 Desember 2022.

“Pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani Titik 7ABC mampu memangkas 9 tikungan menjadi 3 tikungan,  sedangkan pada Titik 8 mampu memangkas 15 tikungan menjadi 4  tikungan,” lapor I Made Gede Widhiyasa dihadapan Gubernur Bali,  Wayan Koster.

Atas laporan tersebut, Gubernur Bali, Wayan Koster dalam arahannya  menyampaikan pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali yang didesain secara khusus dengan koefisien ketahanan gempa  tertinggi 1.0 G dan memiliki kekuatan hidup struktur minimal 500  tahun, maka dalam pengerjaannya harus menunjukkan hasil yang  berkualitas.

“Pembangunan ini harus dikerjakan dengan sangat akurat dan presisi. Kemudian Saya minta agar betul-betul material bahan bangunannya dikontrol dan harus menggunakan material yang memenuhi standar atau bahkan harus diatas standar dari bangunan yang normal. Saya minta ini dikawal ketat,” tegas mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga :  15 Personel Satresnarkoba Polres Karangasem Diganjar Penghargaan Atas Prestasi Ungkap Kasus Narkoba

Selanjutnya, peralatan pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali harus lengkap untuk mendukung capaian dari target pekerjaan yang sudah ditetapkan dan harus diiringi oleh Sumber Daya Manusia yang komitmen, berkualitas, betul-betul berkompeten, serta berpengalaman.

“Metode pengerjaan dipikirkan betul, Saya minta jangan mengorbankan kualitas bangunan, jangan maen-maen disini, jadi campuran bahannya harus betul-betul diawasi secara akurat,” tegas Gubernur Bali jebolan ITB ini sembari dalam arahannya meminta agar pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali dilakukan percepatan dengan tetap menjaga kualitas, supaya setiap tahap pembangunan bisa mencapai target.

Baca Juga :  WNA Rusia Pembuat Resah Masyarakat Dideportasi

Gubernur Bali, Wayan Koster pula memberikan arahan kepada  Pejabat Pembuat Komitmen Provinsi Bali, I Made Gede Widhiyasa yang bertanggungjawab terhadap pembangunan Shortcut Singaraja Mengwitani Titik 7ABC dan Titik 8. Dalam arahannya, Gubernur Bali meminta pekerjaan shorcut ini harus diprioritaskan selesai dengan pekerjaan yang tepat waktu, bagus, dan presisi, sehingga menghasilkan pembangunan yang berkualitas.

“Sebelum  pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani Titik 7ABC dan Titik 8 diresmikan pada bulan Januari 2023, Saya minta pekerjaannya dilaksanakan secara rapi, kemudian mencari hari baik untuk Upacara Pemelaspasan (upacara pembersihan dan penyucian bangunan),” pungkas Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News