pemberantasan nyamuk
Cegah Penyebaran Demam Berdarah, Puskesmas III Densel Gelar Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna mencegah perkembangan nyamuk penyebab Demam Berdarah, khususnya di wilayah Denpasar Selatan, Puskesmas III Denpasar Selatan gelar gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Banjar Panti Gede, Desa Pemogan pada Kamis (22/12/2022).

Gerakan ini diikuti oleh Kader Jumantik, Koordinator Jumantik, dan Pemegang Program DBD Puskesmas III Densel serentak di masing-masing Banjar di Desa/Kelurahan di Denpasar Selatan. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang  dilakukan oleh Kader Jumantik setiap minggu, yang  menyasar satu Banjar di satu Desa, dengan melakukan pemeriksaan tempat penampungan air, pemberian Larvasida/Abate, dan penyuluhan kepada warga yang dikunjungi terkait mencegah dan penanggulangan Demam Berdarah

Baca Juga :  Ketua WHDI Kota Denpasar Buka Pelatihan Membuat Banten Otonan di Banjar Tegal Kuwalon

Adapun tujuan gerakan ini adalah untuk memantau keberadaan tempat penampungan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegipty, serta meningkatakan partisipasi untuk aktif dalam pencegahan dan penanggulangan kasus Demam Berdarah dengan kegiatan 3M + di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan, drg. Putu Judy Satyawati Sudarmo mengatakan, dengan diadakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah serta aktif menjadi Jumantik (Jumantik mandiri) bagi keluarga dan rumah sendiri.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News