Denpasar
Tim dari Kemen  PPPA saat melakukan kunjungan ke Taman Janggan yang ditetapkan sebagai Ruang Bermain Ramah Anak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 diperingati Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI yang berlangsung, Kamis (22/12/2022) di Balai Raya Semarak Kota Bengkulu.

Dalam perayaan hari Ibu tersebut Kota Denpasar kembali meraih penghargaan tingkat nasional yakni sebagai Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DRPLA) kategori Utama. Penghargaan ini diserahkan Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati.

Disamping menerima Penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak, tahun ini pula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar, Desa/Lurah juga menerima penghargaan Gender Champion.

“Pada peringatan Hari Ibu tahun ini yang diselenggarakan KemenPPPA RI, Kota Denpasar menerima penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak, disamping itu juga dari inovasi yang telah dilaksanakan OPD serta desa/kelurahan juga diberikan penghargaan Gender Champion,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas 2019, PD KMHDI Bali Laksanakan KMHDI Mengajar

Lebih lanjut disampaikan bahwa pencapaian dalam penghargaan ini tidak terlepas dari program Pemkot Denpasar dibawah kepemimpinan Wali Kota I.G.N Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Kadek Agus Arya Wibawa dibawah koordinir Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana. Keberhasilan Kota Denpasar meraih meraih penghargaan DRPLA dari Kemen PPPA tidak terlepas dari Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Denpasar Tahun 2022 ini mencapai 84,37. Disamping itu pula berkaitan dengan Capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) Tahun 2021 mencapai 96,88, Capaian Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) tahun 2021 Kota Denpasar mencapai 67,02, Capaian Indeks Perlindungan Anak (IPA) tahun 2021 yakni 70,16, capaian PPPA daerah berdasarkan evaluasi APE tahun 2021 Denpasar berada di katagori utama, dan capaian  KLA tahun 2021 yakni Utama yang telah diraih Kota Denpasar.

“Denpasar telah mampu memenuhi kriteria indeks yang ditetapkan Kementerian PPPA dan pada tahun ini di berikan penghargaan bersama dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Kedua Silahisabungan Arts Festival #2

Dijelaskan pula, dalam meraih penghargaan Kota Layak Anak tahun ini kembali meraih kategori Utama, serta meraih penghargaan Pengarusutamaan Gender dengan kategori Utama. Disamping itu pemenang Gender Equality Award tingkat Perangkat Daerah diraih tiga OPD Pemkot Denpasar yakni Juara I Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Juara II, dan Juara III Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik. Untuk pemenang Gender Equality Award tingkat Kelurahan di Kota Denpasar diraih Juar I Kelurahan Dangin Puri, Juara II Kelurahan Pemecutan, Juara III Kelurahan Peguyangan. Pemenang Gender Equality Award tingkat desa di Denpasar yakni Juara I diraih Desa Tegal Harum, Juara II Desa Tegal Kertha, Juara III Desa Kesiman Kertalangu.

“Penyerahan pengharagaan kepada para pemenang OPD dan desa/kelurahan dilaksanakan Walikota Denpasar,” ujarnya, sembari berharap dari penghargaan ini dapat menjadi cambuk semangat meningkatkan program kedepan serta strategi kedepan agar desa adat turut berperan dengan memasukan perlindungan perempuan dan anak dalam awig-awig di desa adat.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini