Bupati Tamba
Bupati Tamba Matur Pakelem Wujud Syukur Pembangunan Sirkuit All in One. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wujud syukur dengan segera diresmikannya Sirkuit All in One di desa Pengambengan, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menghaturkan banten pakelem ke tengah laut, Minggu (25/12/2022) di Desa Pengambengan.

Prosesi mulang pekelem juga untuk memohon keselamatan dan kelancaran atas digelarnya rangkaian kegiatan yang dipusatkan Pemkab Jembrana ditempat itu hingga tutup tahun nanti.

Prosesi upacara dengan banten suci soroh disertai pakelem itik dan bebek selem (hitam) tersebut turut diikuti pimpinan Forkopimda, Sekda serta pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana.

Usai matur pakelem, mengawali serangkaian kegiatan akhir tahun di Sirkuit All in One juga dilaksanakan lomba sampan tradisional yang diikuti belasan sampan dari nelayan Jembrana. Perlombaan tersebut sukses menarik perhatian masyarakat yang terlihat memadati kawasan sirkuit.

Baca Juga :  Kodim Gelar Komsos Antaraparat Pemerintahan di Tabanan

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan upacara matur pakelem merupakan wujud rasa syukur atas telah berjalannya pemerintahannya dengan baik serta berkaitan dengan dibukanya sirkuit all in one di desa Pengambengan.

“Besok kegiatan akan kita lanjutkan dengan pecaruan dan pemelaspasan di Sirkuit All in One. Kita berharap semoga bisa berjalan dengan baik dan sesuai rencana,”harapnya.

Selain itu pelaksanaan lomba petik laut dengan lomba sampan tradisional yang diselenggarakan disebutkannya menjadi salah satu event akhir tahun ini.

“Banyak kegiatan yang telah kita siapkan, mulai dari mekepung, lomba layang-layang, tari rejang masal, konser musik hingga pesta kembang api. Semoga semuanya berjalan dengan baik, mohon dukungan masyarakat kabupaten Jembrana. Karena ini adalah bagian dari cikal bakal daripada pariwisata kabupaten Jembrana kedepan,” sambungnya.

Baca Juga :  Wabup Patriana Serahkan Bantuan Kursi Roda Pakabar Bali

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, Anak Agung Komang Sapta Negara kegiatan ini bertujuan untuk menetralisir alam salah satunya dengan melaksanakan pekelem di pantai untuk memohon keselamatan kepada Sang Hyang Baruna yang merupakan penguasa laut sehingga apa yang dilaksanakan dari tanggal 25-31 Desember 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini cuaca ekstrem sering terjadi. Dengan pakelem ini kita memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar kondisi alam bisa kita atasi dan kegiatan dapat berjalan lancar,” ucapnya.(ang/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini